Bulango Ulu Dilumat Banjir

PERLU WASPADA - Curah hujan tinggi membuat wilayah Kecamatan Bulango Ulu, Bone Bolango dilanda banjir bandang, Senin (1/8). Sebanyak enam desa ikut terdampak. (foto : @dinas sosial bonbol/fb)

Gorontalopost.id – Banjir bandang kembali melanda Kecamatan Bulango Utara, setelah hujan deras mengguyur wilayah itu, Senin (1/8) sore kemarin. Tercatat enam desa dilaporkan diterjang banjir, dengan ketinggian air mencapai 30 cm hingga satu meter. Hingga semalam, sejumlah rumah warga masih terendam.

Koordinator Tagana Bone Bolango, Darwin Detuage, dalam laporanya yang diterima wartawan, mengatakan, banjir disebabkan karena meluapnya air sungai Bulango. Ada enam desa yang terdampak, yakni Desa Bendungan sebanyak 40 KK, Desa Kopi 40 KK, Desa Tupa 182 KK, Desa Bunuo 8 KK, Desa Lomaya 65 KK dan Desa Boidu 15 KK. Sebelumnya, hujan mengguyur dengan intensitas sedang hingga tinggi mulai pukul 12.00 Wita sampai pukul 16.30 Wita. Kondisi itu yang membuat sungai Bulango meluap. Total, menurutnya, ada 350 KK yang terdampak banjir, kemarin.

Bacaan Lainnya

Upaya yang dilakukan kata dia, koordinasi dengan BPBD, pendataan, evakuasi masyarakat berikut barang- barang, dan distribusi makanan siap saji. Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma, dan Kadis Sosial Bone Bolango, Lukman Daud, sore kemarin juga turun langsung ke lokasi banjir. Selain Tagana, dilapangan juga ada instansi lain seperti, BPBD Bone Bolango, TNI/Polri, dan relawan serta masyarakat.

Sementara itu, Polres Bone Bolango, juga turun langsung membantu warga terdampak banjir. Dilaporkan, jika terdapat akses jalan di desa Tuloa yang menghubungkan Kecamatan Bulango Utara dan Bulango Ulu, sempat tidak bisa dilewati akibat terkikis luapan air sungai, sehingga mengakibatkan antrian kenderaan yang akan melintas di area tersebut. (tro)

Pos terkait