Pemerintah Bagikan 10 Juta Merah Putih

PACU NASIONALISME - Pj Gubernur Hamka Hendra Noer, bersama Forkopimda Gorontalo, saat menancakan merah putih pada pencanangan gerakan 10 juta bendera merah putih, di Desa Pilohayanga, Telaga, Kabupaten Gorontalo, Selasa (2/8). (foto : pemprov for gorontalo post)

Gorontalopost.id – Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, tahun ini akan lebih semarak. Ada pembagian 10 juta bendera merah putih yang akan dilakukan pemerintah. Di Gorontalo, pencananganya dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur, Hamka Hendra Noer, bersama jajaran Forkopimda dan masyarakat di Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Selasa (2/8).

Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ini merupakan tindak lanjut instruksi Presiden melalui surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 003.1/4397/SJ. Kegiatan ini juga sebagai ajang sosialisasi kepada pelajar, mahasiswa, ormas, partai politik, dan masyarakat untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme, dan cinta tanah air.

Bacaan Lainnya

Pj Gubernur, Hamka Hendra Noer, mengatakan, Gorontalo patut bersyukur, sebab memiliki sosok pahlawan nasional, Nani Wartabone, yang menumbuhkan semangat nasionalisme sejak 1942, dengan tetap menjadikan merah putih sebagai simbol perjuangan. “Sejak 23 Januari tahun 1942 Pak Nani Wartabone dengan sifat heroiknya menyatakan bahwa kita (Gorontalo) sudah merdeka, jadi kita lebih awal kemerdekaanya.

Melalui gerakan pembagian 10 juta bendera ini, kami pemerintah berharap masyarakat bisa mengikuti beliau dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air, nasionalisme dan patriotisme,”ujar Hamka.

Peraih gelar Ph.D dari National University of Malaysia ini juga mengimbau agar masyarakat Gorontalo dapat mengikuti gerakan ini dengan memasang merah putih di halaman rumah masing-masing, selama agustus.

“Selama agustus adalah hari dimana kita merayakan kemerdekaan dan memastikan rasa nasionalisme masyarakat disemarakkan,”ujarnya. Usai pencanangan, Pj Gubernur Hamka Hendra Noer, bersama Kapolda Irjen Pol Helmy Santika, Kepala Kejaksaan Tinggi, kepala Pengadilan Tinggi, Danrem 133/NWB, menancapkan merah putih di halaman warga.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Politik dan Pemerintah Umum, juga melakukan pencanangan pembagian 10 juta bendera merah putih. “Dengan mengibarkan bendera di depan rumah kita, kita jadi teringat sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mengibarkan bendera merah putih menjadi wujud cinta kita kepada negara Indonesia,” ujar Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar.

Menurut Bahtiar, gerakan pembagian 10 Juta merah putih dilaksanakan dengan pemikiran, bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia. “Yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,”ujarnya. (tro)

Pos terkait