KPU Gorut Sosialisasikan PKPU Nomor 4 Tahun 2022, Harap Berikan Informasi Kepada Parpol Soal Tahapan

Sosialisasi PKPU nomor 4 tahun 2022 oleh KPU Kabupaten Gorut, Rabu (3/8) kemarin.

Gorontalopost.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) pada Rabu (3/8) kemarin mensosialisasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4 tahun 2022, tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) yang diikuti oleh 11 partai politik yakni PAN, PDI Perjuangan, Hanura, PKB, PBB, Partai IBU, NasDem, Demokrat, PPP, PKS, Perindo dan Gerindra.

Selain itu juga turut serta dalam sosialisasi tersebut dari unsur pemerintah, media dan dihadiri juga oleh BAWASLu Kabupaten Gorut, Kapolres Gorut dan Dandim 1314 Gorut.

Bacaan Lainnya

Dalam sosialisasi yang disampaikan oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Gorontalo Utara, Mohammad Gandhi A.Tapu, menegaskan bahwa pihaknya sengaja mengundang partai politik di daerah itu untuk menyosialisasikan PKPU tersebut.

“Sosialiasi ini bermaksud untuk menyebar informasi tentang mekanisme pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, sehingga kita berupaya untuk mengundang seluruh partai politik khususnya partai-partai baru dan partai non parlemen” kata Gandhi.

Lebih lanjut dikatakan oleh Gandhi bahwa terhadap PKPU nomor 4 tahun 2022 tersbeut dapat dipahami oleh seluruh partai politik yang ada, terutapa untuk partai-partai baru dalam proses tahapoan verifikasi faktual.

Tidak hanya itu saja, terhadap rincian program dan kegiatan tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu tahun 2024 dapat diketahui. Gandhi berharap partai yang tidak hadir dapat menyesuaikan mengingat pentingnya sosialisasi PKPU tersebut untuk diketahui.

Gandhi menegaskan bahwa pihak KPU dan juga BAWASLU memberikan ruang kepada partai politik yang ingin menyosialisasikan langsung tentang PKPU tersebut.

Untuk itu, Gandhi berharap agar kegiatan yang dilaksanakan tersebut dalam bentuk pemaparan dan diskusi tersebut diharapkan dapat memberikan banyak informasi khususnya tahapan pendaftaran partai politik sebagai peserta Pemilihan Umum tahun 2024. (abk)

Pos terkait