Senangnya Faila, Pinru Putri Bonbol Bisa Selfie dengan Presiden Jokowi

JAKARTA – GP – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi arena Jambore Nasional (Jamnas) XI di bumi perkemahan dan graha wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (19/8). Kehadiran Jokowi dengan menggunakan seragam Pramuka lengkap itu lansung dikerumuni peserta Jamnas, yang memang sudah menantikan kunjungan Presiden sejak hari pertama Jamnas.

Faila Lasoa, Pinru Putri Bone Bolango berusaha swafoto dengan Presiden Jokowi yang berkunjung ke Buperta Cibubur. Swafoto yang buru-buru membuat hasil selfie Faila kurang sempurna. (foto : dok/faila)

Yang paling beruntung adalah Faila Lasoa, pimpinan regu (Pinru) putri peserta Jamnas asal Bone Bolango ini, bisa menembus barikade Paspampres, dan melakukan swafoto (selfie) dengan Presiden Jokowi. “Ternyata pak Jokowi tinggi sekali, jadinya ta potong (terpotong) gambarnya,”kata Faila. Karena swaftoto yang serba buru-buru, maka hasil foto kurang memuaskan. Kendati begitu, Faila mengaku sangat senang, apalagi bisa bersalaman langsung dengan Presiden Jokowi.

Kesempatan itu kata dia, tidak semua dialami peserta Jamnas yang hadir saat itu, sebab semua berebutan dan penjagaan Paspampres yang ketat. “Pokoknya senang sekali kak bisa bertemu langsung dengan pak Presiden biar hanya cepat-cepat. Faila langsung bilang, dari Gorontalo (saat salaman),”ujar siswi kelas IX SMP Negeri 1 Tapa, Bone Bolango itu. Sementara itu, dihari ke enam Jamnas XI, Faila dan rekan-rekanya peserta Jamnas asal Bone Bolango mengikuti giat kunjungan ke stand-stand pameran Kwarda se Indonesia, untuk belajar budaya dan mengenal lebih luas daerah-daerah di Indonesia.

Presiden Jokowi selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Ka Mabinas) melakukan kunjungan ke area Jamnas, Jumat (19/8). Jokowi didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan melihat aktivitas yang dilakukan oleh peserta Jamnas XI 2022 yang beraneka ragam. “Saya ingin melihat kegiatan di Jambore Pramuka ini dan saya melihat kegiatannya berbeda, biasanya kan jurit malam, pencari jejak, ternyata ada banyak kegiatan lainnya,” ujarnya di hadapan media.

Jokowi sempat mengunjungi kegiatan pengenalan teknologi digital, cara membuat website, cara bermain e-sport dan kegiatan lainnya. “Saya melihat macam – macam kegiatan, ada perhatian sampah plastik, isu lingkungan, dikenalkan membuat batik, diperkenalkan dengan teknologi digital, cara membuat website, cara bermain di e-sport,” imbuhnya. Lebih lanjut Jokowi menyebutkan bahwa kegiatan dalam Jamnas XI 2022 ini sangat beragam, ada berbagai penampilan/atraksi, ada terkait teknologi, kegiatan alam, dan sangat bagus. Jamnas XI 2022 diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari 34 Kwartir Daerah yang ada di Indonesia. Kegiatan dibuka pada 14 Agustus dan dijadwalkan sampai dengan 21 Agustus 2022 mendatang.

Sebelumnya, Ketua Kwarda Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, juga mengatakan seluruh peserta Jamnas untuk mengikuti rangkaian kegiatan dengan disiplin, teratur, dan terus menunjukan jatidiri Gorontalo. “Tunjukan Gorontalo yang selalu tampil terbaik. Jaga kesehatan dan carilah sabahat-sahabat sebanyak-banyaknya,”ujar Idah Syahidah. (tro)

Comment