Bajoe, Apang Coe, Sukade, Tampil Juara di Buperta

JAKARTA – GP – Giat pamungkas Jambore Nasional (Jamnas) XI 2022, sebelum upacara penutupan adalah kuliner nusantara. Seluruh kwartir cabang menampilkan kuliner khas daerah masing-masing pada setiap sub camp. Kotingen asal Gorontalo, tentunya tak mau melewatkan momen ini, mereka menampilkan beragam makanan khas Gorontalo, seperti bajoe, apang coe, pia, jagung rebus lengkap dengan sayur pepaya, kue sukade, kolak pusing dan ubi, dan banyak lagi.

Pembina dan peserta asal Pohuwato memperlihatkan piara juara ke dua kuliner nusantara.Pohuwato tampil dengan kue khas, bajoe dan apang coe. (foto : kwarcab pohuwato)

Beragam makanan khas Gorontalo itu, ternyata disukai para juri dan panitia Jamnas XI. Misalnya kuliner khas yang disajikan Kwarcab Kabupaten Pohuwato, yakni bajoe dan apang coe. Dua Pramuka penggalang, masing-masing Vika Oktavian Pudin Ismail dari SMP Negeri 2 Taluditi, dan Arif Abas dari SMP Negeri 1 Randangan, menjelaskan secara perinci proses pembuatan dua kue khas itu, saat presentasi di hadapan panitia dan juri. “Bajoe dan apang coe ini biasanya ditemukan saat acara-acara tahlilan, atau kegiatan-kegiatan tradisional. Tapi begitu rasanya enak, dan itu diakui para juri,”kata pembina pendamping putra, Kwarcab Pohuwato, Suleman Maharuju.

Yang membanggakan, bajoe dan apang coe, turut membawa Kwarcab Pohuwato sebagai juara dua menampilkan kuliner khas nusantara. “Juara satu dari Jawa Timur, alhamdulillah Gorontalo juara dua,”katanya. Kota Gorontalo, pada kesempatan giat kuliner nusantara, menampilkan kolak pisang dan ubi, serta sukade dan pia. Sementara Kabupaten Gorontalo membawa jagung rebus yang dilengkapi dengan sayur pepaya.

Kegiatan Jamnas XI yang berlangsung sejak 14 Agustus 2022, resmi berakhir Sabtu (20/8) sore. Ketua Kwarda Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, mengapresiasi seluruh peserta dan pembina pendamping yang mengikuti Jamnas dengan maksimal. Manfaat Jamnas, lanjut Idah agar diterapkan dalam kegiatan sehari-hari, dan menularkan kebaikan Pramuka ke seluruh teman-teman di sekolah.(tro)

LENSA JAMNAS XI

Comment