Hadir di New York, First Lady Turki Emine Erdogan Pamer Karawo

NEWYORK – GP – Kain sulam khas Gorontalo, karawo, makin mendunia. Ibu negara Turki, Emine Erdogan, pada agenda kampanye perubahan iklim, di Kota New York, Amerika Serikat, Kamis (22/9), dengan bangga menggunakan karawo. Istri Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan itu, tampil anggun dan berwibawa dihadapan lebih kurang 15 ibu negara lainnya, yang turut hadir dalam acara itu, termasuk istri Presiden Prancis Emanuel Macron, Brigitte Macron dan Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Komunikasi Global Melisa Fleming. Penampilan Emine Erdogan yang berkarawo itu, bahkan menjadi headline sejumlah media di Turki.

Ibu Negara Turki Emine Erdogan mengenakan Karawo saat menghadiri kampanye perubahan iklim di New York. (foto : @emineerdogan)

Busana karawo dengan dominan warna tosca yang dikenakan Emine Erdogan itu, merupakan hasil karya desainer Gorontalo, Gilbert Badjuka, yang juga pelaku UMKM GKarawo binaan Bank Indonesia Gorontalo. Sebelumnya, pada Agustus 2021 yang lalu, Bank Indonesia Gorontalo memfasilitasi desainer Gorontalo dan UMKM binaan, seperti Te Thuna dan GKarawo mengikuti iven Introducing Indonesia: A Hybrid Fashion Event, yang berlangsung di wisma Indonesia, KBRI Ankara, Turki. Iven ini merupakan kerjasama Bank Indonesai, KBRI Ankara, Franka Soeria, dan Introducing Indonesia.

Acara itu dihadiri langsung First Lady Turki, Emine Erdogan. Bahkan usai menyaksikan acara yang memerkan hasil industri kreatif dari Indonesia itu, Emine Erdogan turut memborong sejumlah produk karawo dan beberapa kerajinan dari Gorontalo, seperti kerajinan sisik ikan olele, tas sulam pita D’Korase, dan tas karawo BCLux. Dalam berbelanja produk kerajinan Gorontalo itu, Emine Erdogan, dikabarkan melakukan transaksi mencapai 7000 TRY (lira turki). Hasilnya, Emine Erdogan benar-benar menggunakan produk kerajinan khas Gorontalo itu, bahkan dikenakanya saat menghadiri agenda internasional, yang turut dihadiri belasan isteri kepala negara dari seluruh dunia.

Dipilihnya karawo sebagai busana resmi Emine Erdogan, menandakan karawo memang berkelas dunia, dan desainer lokal Gorontalo, tak kalah bersaing dengan desainer-desainer ternama dunia. Promosi karawo dan menjadikan UMKM Karawo ‘naik kelas’ hingga menembus pasar internasional tak lepas dari peran Bank Indonesia.

BI selama ini konsisten mendorong peningkatan industri kreatif seperti karawo sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat, dan memperkenalkan produk kerajinan Gorontalo ke kanca internasiona. “Bangga sekaligus bahagia melihat pencapaian Industri Kreatif Gorontalo sampai sejauh ini, hal ini tidak lepas dari kerjasama dan sinergi yang dilakukan banyak pihak seperti Kedutaan Besar Indonesia di Turki, Franka Soeria, Introducing Indonesia, dan Bank Indonesia,”tulisa pesan whatsapp yang diterima Gorontalo Post, semalam. (tro)

Comment