PGP ‘Effect’ Bisa Menular ke Luar Pohuwato

POHUWATO-GP- Pani Gold Project (PGP) yang digagas oleh PT. PETS dan PT. GSM di Kabupaten Pohuwato, tak hanya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Pohuwato saja. Namun efeknya juga bisa menular sampai ke luar Pohuwato seperti Kabupaten Boalemo, bahkan sampai ke daerah-daerah lainnya di Provinsi Gorontalo.

Hal ini sebagaimana disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Setda Pohuwato, Fikri S. Adam, Selasa (01/11/2022). “Tentu, kehadiran perusahaan ini sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Pohuwato,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fikri mengungkapkan peningkatan ekonomi tersebut berdasar pada beberapa hal, diantaranya penyusutan jumlah pengangguran, pemanfaatan UMKM, hingga peningkatan kualitas SDM.

“Pertama, mereka melakukan perekrutan tenaga kerja yang targetnya adalah 3000 orang, hal ini tentu harus didominasi oleh tenaga kerja lokal. Kedua, masyarakat yang berada di sekitar lokasi perusahaan juga dapat membuka usaha baru. Terakhir, perusahaan ini juga akan menjalin kerjasama dengan Universitas Pohuwato, hal ini tentu dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kita,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Fikri juga mengungkapkan bahwa geliat ekonomi yang ditimbulkan oleh kedua perusahaan itu tidak hanya di Pohuwato saja, akan tetapi akan menjalar hingga ke wilayah lain.

“Kalau saya berfikir jauh kedepan, dampaknya tidak hanya di Kabupaten Pohuwato saja, di Boalemo pasti akan merasakan dampak geliat ekonomi itu, bahkan hingga ke seluruh wilayah Provinsi Gorontalo,” pungkasnya. (ayi)

Comment