PT. PETS Bantu Petani Buntulia-Duhiadaa, Angkat Sedimentasi di Saluran Irigasi

Pengangkatan sedimentasi di saluran irigasi Bendung Taluduyunu, yang menjadi keluhan para petani setempat, oleh PT. PETS, Ahad (6/11). (foto : Iwan Karim/Prokopim)

 

 

POHUWATO-GP- Mewakili petani Buntulia dan Duhiadaa, Ketua Pengelola Pengguna Air (P3A) Ampera Jaya, Abdulrahman Lukum mengungkapkan terima kasih kepada PT. PETS yang telah membantu petani mengangkat sedimentasi yang berada di saluran irigasi Bendung Taluduyunu.

Pengerukan sedimentasi pada drainase yang dilakukan PT.PETS. (foto : dok)

Seperti diketahui, belum lama ini para petani Buntulia dan Duhiadaa bertemu langsung dengan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga mengeluhkan sedimentasi di sepanjang saluran, yang dipandang sangat mengganggu petani sawah khususnya.

Menurut Abdulrahman Lukum, sedimentasi yang berada di sepanjang saluran irigasi merupakan satu kendala bagi petani yang ada di dua kecamatan tersebut. “Alhamduliullah, dengan adanya bantuan dari PT. PETS untuk pengerukan sedimen yang sementara berjalan ini telah membantu kami selaku petani yang ada di Buntulia dan Duhiadaa,” ujarnya.

“Pengangkatan sedimen telah dimulai pada sabtu malam dan sampai saat ini masih berlanjut. Kamipun mendampingi pengangkatan dari tadi malam sampai pukul 05.00 Minggu dini hari. Rencana pada hari kedua malam nanti, kami kembali mendampingi pengerukan oleh PT.PETS tersebut,” ucapnya, Ahad (6/11).

Ketua P3A Ampera Jaya itu menjelaskan, sebagaimana hasil evaluasi bahwa yang terkena dampak sedimen Irigasi Taluduyunu ada sepanjang 24 Kilometer.

“Untuk sementara ini karena kami butuh kenderaan mengangkut sedimen, maka diambil dulu lokasi yang dapat dilalui seperti dari Duhiadaa di jalur P3A Ampera Jaya. Selain itu kami berencana pada tanggal 15 November mendatang akan ada rapat hambur bersama seluruh kelompok di kecamatan Duhiadaa,” tuturnya.

“Sekali lagi kami atas nama petani dan ketua-ketua kelompok yang tergabung di kecamatan Buntulia dan Duhiadaa mengucapkan terima kasih atas bantuan dari PT PETS yang telah mengangkut sedimen di saluran dan yang mana saluran itu merupakan satu kendala bagi kami selaku petani. Insya Allah bantuan seperti ini selalu menjadi perhatian oleh PT.PETS,” pungkasnya. (ayi)

Comment