Kompetisi Robotik Madrasah Nasional, MIN 01 Pohuwato Wakili Provinsi Gorontalo

Gorontalopost.id – Kabupaten Pohuwato kembali menunjukkan prestasi. Kali ini prestasi tersebut dari Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN) 01 Pohuwato. Sekolah agama (Islam) tingkat dasar itu menjadi perwakilan Provinsi Gorontalo di tingkat nasional pada kompetisi robotik Madrasah.

Setiap provinsi hanya memilih satu madrasah dan dalam satu kompetisi hanya dua peserta. Setelah melalui seleksi yang ketat akhirnya MIN 01 Pohuwato terpilih mewakili Provinsi Gorontalo ke tingkat nasional.

Kedua anak asal Desa Soginti, Kecamatan Paguat itu, menemui langsung Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, Dr. H. M. Muflih B. Fattah,MM dan Kakan Kemenag Pohuwato, Ust. Fahri Djafar usai kegiatan peresmian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji, Kantor Urusan Agama Kecamatan Marisa, Rabu (16/11).

Dua anak yang diketahui bernama Zahra Wafiq Mole, kelas IV, dan Muh. Adipati Sincowijoyo, kelas V, berpamitan kepada Bupati Pohuwato karena akan berangkat ke Yogyakarta mengikuti Madrasah Robotics Competition 2022 yang akan diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 22-23 November 2022.

Bupati Saipul Mbuinga sangat mengapresiasi kedua anak tersebut yang terbilang mampu dan memiliki ilmu di bidang kompetisi robotik Madrasah. “Dikatakan mampu karena dua anak telah terpilih dari sekian murid utusan Madrasah Ibtidaiah yang ada di Provinsi Gorontalo. Dengan kemampuan anak-anak ini maka diminta kepada guru, baik guru pembimbing, pengajar termasuk guru pelatih untuk terus mengasah dan membimbing mereka sehingga menjadi yang terbaik kedepannya,” ungkap Saipul.

Selaku pemerintah daerah, Bupati Saipul berpesan untuk terus menjaga nama baik daerah dan berharap bisa tampil dengan baik. “Kamipun berdoa semoga kedua anak ini bisa tampil dengan baik dan bisa mengharumkan nama Provinsi Gorontalo di tingkat nasional. Kepada pendamping kiranya menjaga kesehatan anak-anak ini, diatur waktu makan dan pula waktu tidur mereka, sehingga tiba waktu kompetisi kedua anak ini dalam keadaan sehat,” pungkas Bupati Saipul.

Dikonfirmasi, Yuwindawaty Hipy selaku Guru di MIN 01 Pohuwato menjelaskan, kedua anak ini akan berangkat ke UNY pada 21 November. Pada 22 November akan diregistrasi seluruh peserta dari 30 Madrasah se-Indonesia yang ikut kompetisi robotik di bidang kategori robot inovasi serta pembukaan kegiatannya. Selanjutnya dari 22-23 November semua perwakilan provinsi mengikuti kompetisi tersebut.

Masih menurut Guru Kelas IV MIN 01 Pohuwato itu, bahwa kompetisi ini perdana bagi Kemenag Pohuwato mewakili Provinsi Gorontalo. “Alhamdulillah, utusan MIN 01 Pohuwato bisa lolos ke tingkat nasional. Perasaan kami sangat luar biasa atas hasil yang diraih oleh kedua anak ini. Semoga saja kompetisi perdana bagi Kemenag Pohuwato ini akan menghasilkan yang terbaik dan bisa tampil terbaik di tingkat nasional. Sekali lagi kami mohon doa dan dukungan dari pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten terutama Kementerian Agama Provinsi dan Kemenag Pohuwato,” kata Yuwindawaty Hippy. (ayi)

Comment