Ada 14 TPS Khusus yang Disiapkan KPU Gorontalo Saat Pemilu 2024

SUKSES PEMILU : Rapat koordinasi terkait penyiapan TPS khusus di Gorontalo pada Pemilu 2024 mendatang. (foto : dok/kpuprov)

GORONTALO – GP – Pemilu 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) khusus. Jumlahnya mencapai 14 TPS, yang dipersiapkan bagi pemilih yang berada di lokasi-lokasi tertentu, seperti mess perusahaan, asrama, rumah tahanan maupun lembaga pemasyarakatan.

Ketersediaan TPS khusus ini, dibahas dalam rapat koordinasi yang dihadiri KPU kabupaten/kota, Kadis Capil se Provinsi Gorontalo, Kepala Madrasah Aliyah se Provinsi Gorontalo yang sekolahnya memiliki asrama, BNN, Dinas Kesehatan, Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Bawaslu se Provinsi Gorontalo, dan pimpinan perusahaan yang karyawannya tinggal dalam mess perusahaan secara terpusat senin (21/11) di hotel Aston Gorontalo.

Bacaan Lainnya

Rakor yang dipimpin ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola, diperoleh angka sementara jumlah TPS lokasi Khusus berjumlah 14 TPS dengan jumlah pemilih 2.104 jiwa. “Jumlah TPS dan pemilih ini masih data sementara, karena KPU kabupaten/kota sedang melakukan koordinasi dengan lokasi menjadi potensi TPS lokasi Khusus. Kemungkinan masih akan bertambah,” kata Sophian dalam penjelasannya.

Pihak perusahaan yang hadir menjelaskan pula, karyawan mereka akan bertambah di tahun 2023. Seperti perusahaan pertambangan, perusahaan sawit dan pengolahan kayu. Dari data sementara diperoleh, Kabupaten Gorontalo ada satu TPS lokasi khusus berada dalam Lapas Perempuan. Kabupaten Boalemo satu TPS berada dalam lapas.

Kemudian, untuk Bone Bolango sementara ada 2 TPS akan ditempatkan di perusahaan pertambangan, dan perusahaan proyek pembangunan Waduk Bulango Ulu. Untuk Kota Gorontalo proyeksi 3 TPS dalam Lapas. Gorontalo Utara sendiri ada 1 TPS di dalam perusahaan PLTU Tanjung Karang. Dan untuk Pohuwato sebanyak 6 TPS. Satu dalam Lapas dan lima lainnya adalah TPS dalam kawasan perusahaan sawit dan perusahaan kayu dan pertambangan. “Yang pasti data ini sangat dinamis, kami sedang mengkoordinasikan terus,” pungkas Sophian. Kata dia, penyediaan TPS khusus ini, merupakan komitmen KPU untuk melindungi hak pilih warga, dengan TPS khusus, mereka tak kesulitan untuk menyalurkan hak suara mereka pada Pemilu nanti. (tro)

Pos terkait