Diskumperindag Provinsi Gorontalo : Kumpulkan Pelaku Usaha Bangun Kemitraan

Pj Gubernur Hamka Hendra Noer saat membuka kegiatan temu akbar pelaku usaha yang digelar Diskumperindag Provinsi Gorontalo, Jumat (18/11). (foto : dok/diskumperindag)

GORONTALO – GP – Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo, terus berinovasi dalam mengembangkan iklim usaha di Gorontalo. Berlangsung di halaman kantor Diskumperindag, Jumat (18/11) digelar temu akbar pelaku usaha, termasuk penyaluran bantuan senilai Rp 1,7 Miliar bagi pelaku UMKM.

Kepala Diskumperindag Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge, mengatakan, temu pelaku usaha digelar dalam rangka membangun sinergitas pembinaan pemerintah terhadap pelaku usaha melalui kemitraan antara BUMN, Perbankan, Koperasi dan UMKM, IKM, serta badan usaha lainua. “Kemitraan yang dilakukan adalah kemitraan dalam bentuk pembinaan peningkatan SDM, akses permodalan, maupun promosi, dan pemasaran hasil produk koperasi, UMKM, maupun IKM di Provinsi Gorontalo,”ujar Risjon Sunge.

Bacaan Lainnya

Kata dia, di Gorontalo saat ini memiliki 1398 koperasi, 94.820 UMKM, dan 14.260 IKM yang membutuhkan kemitraan. Pada kegiatan temu pelaku usaha ini, digelar sejumlah kegiatan seperti FGD yang diikuti 350 orang anggota koperasi, pameran produk UMKM, reward untuk 35 koperasi berprestasi, misi dagang, penyerahan bantuan Baznas untuk 500 usaha mikro, penyerahan bantuan booth UMKM, penyerahan bantuan bahan produksi, bantuan untuk UMKM syariah, bantuan bagi wirausaha baru IKM, bantuan peralatan, konsultasi izin bagi UMKM dan IKM, pasar murah, dan festival kuliner, lomba fashion kids, serta vaksin dan donor darah.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Pj Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, yang hadir langsung pada kegiatan tersebut. “Kami tahu, kami pahami, kami merasakan bukan saja birokrasi yang berat (pasca pandemi), tetapi juga bapak ibu sekalian pelaku UMKM. Oleh sebab itu, kami berkomitmen untuk melakukan kegiatan kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat,” kata Pj Gubernur Hamka. (tro*)

Pos terkait