Fraksi PAN Kecewa, Buntut Tidak Terealisasinya Pengadaan Fasilitas RS ZUS

Aleg Hanura, Ridwan R. Arbie saat memantau langsung kondisi abrasi sungai Boalemo.

Gorontalopost.id  – Tidak terealisasinya pengadaan CT scan atau computerized tomography scan yang rencananya menggunakan Dana Pemulihan Ekonomi Nasioanal (PEN) dan masih adanya kekurangan tenaga kesehatan seperti dokter, membuat Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Alhamid Otoluwa, kecewa karena hal tersebuy membuat pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Zainal Umar Sidiki (ZUS) belum maksimal.

“Yah itu cukup mengecewakan karena kalau kita lihat lebih banyak masih banyak yang dirujuk ke rumah sakit luar daerah,” kata Alhamid.

Bacaan Lainnya

Menurutnya peluang untuk meningkatkan pelayanan di rumah sakit tersebut dengan adanya pinjaman Dana PEN, yang ia harapkan pemanfaatan itu lebih diprioritaskan kepada program-program yang akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) yang lebih besar.

“Sementara dari dinas kesehatan itu saya lihat dimana setiap tahun daerah itu membayar BPJS tapi lebih banyak pasien yang dibayarkan malah dirujuk ke rumah sakit di luar daerah,” ujar Alhamid.

Menurutnya jika seluruh layanan kesehatan di Rumah Sakit ZUS telah rampung walaupun belum seluruhnya, sehingga tidak ada lagi rujukan ke rumah sakit di luar daerah, khususnya untuk tenaga dokter dan alat-alat kesehatan. “Kalau sekarang sepertinya untuk dokter masih butuh penambahan lagi, artinya yang sudah ada saat ini harus memadai dulu,” ujarnya.

Dengan begitu kata Alhamid, sektor kesehatan nantinya dapat menyumbang PAD yang lebih tinggi dari sektor-sektor yang lainnya. (abk)

Pos terkait