Cristiano Ronaldo Cetak Rekor Baru, Portugal Full Senyum Lawan Ghana

Selebrasi Cristiano Ronaldo (kiri) dengan Joao Felix (kiri) saat melawan Ghana di babak fase Grup H Piala Dunia 2022. Foto: Twitter/@EURO2024

gorontalopost.id – Portugal mengamankan tiga angka perdananya di babak fase Grup H Piala Dunia 2022 seusai mengalahkan Ghana.

Berlaga di Stadion 974, Kamis (24/11) malam WIB, tim berjuluk Selecao das Quinas menang dengan skor 3-2 atas wakil dari benua Afrika itu.

Bacaan Lainnya

Dua gol balasan Ghana dicetak kapten tim, Andre Ayew (73′) dan Osman Bukari (89′).

Adapun Gol kemenangan Portugal di laga ini dicetak melalui penalti Cristiano Ronaldo (65′), Joao Felix (78′) dan pemain pengganti Rafael Leao (80′).

Pada pertandingan tersebut, pelatih Portugal yakni Fernando Santos memainkan megabintang Cristiano Ronaldo sejak menit awal.

Pemain yang berstatus tanpa klub tersebut memimpin rekan-rekannya menghadapi tim berjuluk The Black Stars.

Pada babak pertama tidak ada gol yang tercipta sehingga skor 0-0 untuk kedua tim bertahan hingga wasit Ismail Elfath meniupkan peluit.

Pada babak kedua, permainan kedua tim mulai terbuka sehingga jual beli serangan tercipta.

Portugal mencetak gol pembuka melalui tendangan penalti Cristiano Ronaldo pada menit ke-65′.

Mantan pemain Manchester United itu mengeksekusi sendiri tendangan 12 pas seusai dirinya dilanggar di kotak terlarang.

Satu gol pemain berjuluk CR7 tersebut di laga ini membuat namanya masuk ke dalam pemain yang selalu mencetak skor pada lima edisi Piala Dunia sejak 2006.

Tersengat dengan gol penalti Ronaldo, Ghana meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan.

Tim asuhan Otto Addo sempat membungkam juara EURO 2016 lewat sundulan dari kapten tim Andre Ayew di menit ke-73′.

Skor 1-1 membuat kedua tim meningkatkan intensitas penyerangan untuk mencetak gol tambahan.

Portugal mampu berbalik unggul dengan skor 2-1 melalui skema serangan cepat yang dibangun oleh Bruno Fernandes dan Jaoa Felix.

Umpan terukur Bruno mampu dimanfaatkan Felix menjadi gol lewat sepakan indahnya di depan gawang Ghana yang dikawal Lawrence Ati-Zigi.

Tidak butuh waktu lama untuk Portugal memperlebar keunggulan menjadi 3-1 kali ini melalui pemain pengganti Rafael Leão.

Pemain asal klub AC Milan itu hanya butuh tiga menit untuk mencetak gol ketiga Portugal lagi-lagi memanfaatkan umpan dari Bruno.

Ghana yang tersengat seusai tertinggal 1-3 mencoba mencari peruntungan melalui skema serangan balik.

Osman Bukari membangkitkan asa Ghana untuk mencuri satu poin dari Portugal di laga ini seusai memperkecil kedudukan di menit ke-89′.

Berawal tidak cermatnya Joao Cancelo di sisi sayap, Bukari mampu mencetak gol melalui tandukan kepalanya seusai menaklukan kiper Portugal asal klub FC Porto, Diogo Costa.

Pada masa perpanjangan waktu, Ghana yang mencari gol penyeimbang melancarkan serangan balik cepat ke jantung pertahanan Portugal.

Sayang tidak ada gol lagi yang tercipta hingga wasit Ismail Elfath meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Portugal mampu mengalahkan Ghana dengan skor tipis 3-2 di babak fase Grup H Piala Dunia 2022.

Dengan hasil ini, Portugal untuk sementara duduk di puncak klasemen Grup H dengan raihan tiga angka.

Juara UEFA Nations League edisi 2018 itu berada di atas negara-negara seperti Uruguay dan Korea yang menghuni peringkat kedua dan ketiga.

Kedua negara tersebut harus puas berbagi poin satu mengingat pada laga sebelumnya skor pertandingan Uruguay vs Korea berakhir imbang 0-0.

Adapun kekalahan dari Portugal membuat Ghana untuk sementara duduk di peringkat keempat.(mcr16/jpnn)

Pos terkait