Tim Peneliti UNG Tuntaskan Program Riset Keilmuan

Gorontalopost.id – Tim Peneliti Universitas Negeri Gorontalo (UNG) akhirnya menuntaskan Program Riset Keilmuan. Program yang digagas Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI itu kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Riset Keilmuan tersebut telah dimulai sejak Desember 2021 hingga Desember 2022.

Universitas Negeri Gorontalo sebagai salah satu PTN yang mendapatkan dana hibah tersebut dengan judul “Penguatan Kapasitas Masyarakat Dalam Pengelolaan Destinasi Wisata dan Penguatan Promosi Pariwisata Serta Eksplorasi Wisata Virtual di Desa Olele”.

Riset ini telah memasuki fase finalisasi. Tim peneliti UNG yang berkolaborasi dengan peneliti UNILA yang terdiri dari Hasdiana, S.Pd, M.Sn sebagai Ketua Tim Peneliti dan Rochmad M Thohir Yassin, S.Kom, M.Eng serta Dr. Rangga Firdaus, M.Kom telah melaksanakan berbagai program penelitian tersebut dimulai dari Survey awal, Focus Group Discussion (FGD), Workshop Penguatan Kapasitas Masyarakat hingga Pendampingan kepada Masyarakat.

Penelitian ini dilaksanakan sebagai upaya penguatan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan destinasi wisata agar siap menghadapi kebangkitan sektor pariwisata yang terpuruk ketika pandemi COVID-19 melanda.

Penelitian ini telah menghasilkan beberapa luaran penelitian seperti Aplikasi Promosi Wisata, HAKI, buku panduan, artikel ilmiah yang dipublikasikan pada Jurnal Nasional Terakreditasi, Rilis berita di media massa, hingga video aktivitas penelitian yang diupload di Youtube. (adv/roy)

Comment