Bonebol Pilot Project Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Gorontalopost.id, BONE BOLANGO – Kabupaten Bone Bolango meraih banyak pertasi. Kali ini daerah yang dipimpin Bupati Bone Bolango, Hamim Pou itu terpilih sebagai pilot project dan menjadi salah satu desa yang menjadi percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA).

Adalah Desa Ayula Selatan, Kecamatan Bulango Selatan dipilih Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

“Alhamdulilah Desa Ayula Selatan sebagai percontohan DRPPA. Semoga hal ini dapat menjadi contoh untuk desa desa yang ada di wilayah Kabupaten Bone Bolango,”kata Bupati
Hal ini diutarakan Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, pada workshop Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2022, di Aula BPMP Provinsi Gorontalo, di Kecamatan Tilongkabila, Kamis (1/12/2022).

Bone Bolango dua periode itu menambahkan, DRPPA dalam arti baik pengelolaan pemerintah desa dan semua masyarakat terlibat berorientasi kepada kepentingan memberdayakan perempuan dan melindungi anak serta pemenuhan hak-haknya. Desa harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya khususnya perempuan dan anak, memenuhi hak atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi.

Ia menyebutkan Kabupaten Bone Bolango memiliki 160 desa dan 5 kelurahan, selain dua desa pilot project, terdapat 15 desa yang siap mereplikasi program DRPPA sehingga total desa menjadi dampingan tim fasilitator DRPPA daerah Kabupaten Bone Bolango adalah 17 desa yang terdiri 11 kepala desa perempuan dan 6 kepala desa laki-laki.

”Kami berharap ke 17 desa yang tersebar di 12 kecamatan tersebut dapat menjadi desa percontohan DRPPA yang harusnya direplikasi oleh desa-desa yang lain,”sebut Hamim dan menargetkan seluruh desa dan kecamatan yang ada di Bone Bolango harus melaksanakan program DRPPA tersebut. (roy)

Comment