Idah Bekali Pramuka Gorontalo dengan Kesiapsiagaan Bencana  

GORONTALO  – GP – Sebagai daerah dengan tingkat peristiwa bencana alam yang banyak terjadi, kesiapsiagaan terhadap bencana tuntu harus ditingkatkan. Hal ini yang mendorong Ketua Kwarda Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, membelaki anggota Pramuka dengan pelatihan kesiapsiagaan bencana. Selain itu, Idah juga telah membentuk Pramuka Peduli di tingkat Kwarda, yang respon cepat dan segera turun ketika terjadi bencana. “Anggota Pramuka harus paham dan memiki pengetahuan tentang kebencanaan, bagaimana berusaha mencegah, sigap ketika terjadi bencana, peduli, dan tolong menolong, itu sikap Pramuka,”kata Ketua Kwarda Gorontalo, Idah Syahidah.

Untuk itu, Kwarda Pramuka Gorontalo, menggelar sosialisasi Aman Bencana bagi Gugus Depan Penegak tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo, Kamis (15/12). Kegiatan ini diikuti kurang lebih 60 peserta perwakilan tiga Kwarcab terdekat, yakni Kwarcab Kota Gorontalo, Kwarcab Kabupaten Gorontalo, dan Kwarcab Bone Bolango.

Sosialisasi Aman Bencana bagi Gugus Depan Penegak ini dibuka Ketua Kwarda Idah Syahidah diwakili Wakil Ketua Bidang Abdimasgana, Sumarwoto. Mantan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ini mengatakan, edukasi kebencanaan terutama bagi anggota Pramuka memang harus dilakukan. Apalagi, kata dia, Pramuka membentuk Pramuka Peduli yang memang memiliki tugas menangani kebencanaan dan sosial. “Edukasi ini penting, agar Pramuka tahu kesiapsiagaan terhadap bencana, baik di lingkungan rumah atau pun sekolah,”paparnya.

Program ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam  implementasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang diprogramkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dimana BNPB melakukan Kemitraan dengan Pramuka sebagai langkah strategis untuk membuat kegiatan pendidikan kebencanaan menjadi masif dan cepat.

Sosialisasi Aman Bencana bagi Gugus Depan Penegak yang digelar Kwarda Gorontalo ini juga turut dihadiri Sekretaris Kwrda Gorontalo, Wakil Ketua Kwarda bidang Infokom, sejumlah andalan Kwarda, dan pengurus Dewan Kerja Daerah (DKD) Pramuka Gorontalo. Narasumber dalam pelatihan ini melibatkan, BPBD Provinsi Gorontalo, PMI, dan juga Pramuka Peduli Kwarda Gorontalo. (tro)

Comment