Belajar Jurnalistik, Mahasiswa Kunjungi Media di Bandung

Gorontalopost.id – Mahasiswa semester 5, yang mengambil peminatan Jurnalistik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Gorontalo, belum lama ini melakukan kunjungan ke salah satu media di Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Media yang dukunjungi tersebut yakni Pikiran Harian Rakyat Bandung, yang berlokasi di Jalan Asia Afrika nomor 77, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Pikiran Harian Rakyat Bandung tersebut merupakan media cetak yang sudah lama bertahan di Bandung. Selain bergerak di media cetak, mereka pula bergerak di media online dan juga radio.

Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada Jumat (16/12/2022) tersebut, rombongan mahasiswa dipimpin langsung oleh dosen penanggung jawab, Dr. Herson Kadir,S.Pd,M.Pd, serta diikuti oleh 19 orang mahasiswa jurnalistik. Meski pertemuan diadakan malam hari, hal itu tidak mematahkan semangat para mahasiswa jurnalistik, Prodi Bastrasia, UNG.

Pada kunjungan ini, mahasiswa bertemu langsung dengan pimpinan dari Pikiran Harian Rakyat Bandung yaitu Satria Graha. Berbagai informasi disampaikan oleh Satria Graha, mulai dari pengarahan atau tips bagaimana cara menjadi seorang jurnalis yang baik, ilmu-ilmu tentang jurnalistik, serta pengalamannya selama menjadi wartawan dan pimpinan di Pikiran Harian Rakyat Bandung. Selain itu, para mahasiswa pun diberikan kesempatan untuk melakukan Tanya jawab dengan pimpinan dari Pikiran Harian Rakyat Bandung.

Indah Nursafitri Usman selaku ketua koordinator kegiatan mengatakan, meski pihaknya datang sekitar pukul 20.00 WIB, dan sudah memasuki waktu sibuk Pimred Harian Pikiran Rakyat, tetapi alhamdulillah masih diperkenankan untuk sharing session dalam waktu kurang lebih 30-40 menit, tentang gambaran strunggelnya media cetak Harian Pikiran Rakyat setiap harinya.

“Secara garis besar, ada banyak ilmu jurnalistik yang tidak menjamin bisa kita dapatkan di kelas, akhirnya bisa kami dapat di sana. Contohnya saja, pemilahan berita meliputi urgencynya, berita apa saja yang diliput dalam media digital, dan berita apa saja yang diliput media cetak. Hal lainnya yakni suka duka jurnalis saat meliput berita,” paparnya.

Usai kunjungan, para mahasiswa turut memberikan cendra mata kepada Pimpinan Pikiran Harian Rakyat Bandung, sebagai bentuk mitra dalam kegiatan Bimtek Jurnalistik, sekaligus mendukung program akreditasi dan suasana akademik mahasiswa di luar kampus Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (MG-06/kif)

Comment