Buka Jalan Tertutup Longsor di Bilato, Pabrik Gula Gorontalo Kerahkan Bulldozer

Gorontalopost.id – Kepedulian PT Pabrik Gula Gorontalo (PGG) dalam membantu warga yang terdampak bencana banjir dan longsor di Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo patut diacungi jempol.

Terbukti di tengah krisis warga akibat putusnnya akses jalan menuju Desa Bilato dan Desa Tulaa akibat tertutup longsoran tanah dari bukit.

Pabrik Gula satu-satunya di Gorontalo itu telah berinisiatif memberikan sumbangan bantuan alat berat untuk membuka akses jalan tersebut sejak Selasa (20/12/22).

Pantauan Gorontalo Post, alat berat berupa Bulldozer yang dikerahkan sejak pagi hari langsung action di lapangan untuk membersihkan tanah longsor yang telah menutupi jalan.

Dengan keberadaan alat berat itu sangat membantu dalam mengevakuasi medan yang terjal. Tidak hanya longsoran tanah saja, tetapi pepohonan yang tumbang dan ikut terbawa tanah longsor.

Hingga Kamis (22/12/22) kemarin alat berat Bulldozer bantuan Pabrik Gula Gorontalo masih terus beroperasi di lokasi longsoran.

Humas PT PG Gorontalo Sartin Djou saat dikonfirmasi wartawan koran ini mengatakan, pihaknya memang telah berkoordinasi dengan Bupati Gorontalo melalui Kepala Bidang Bina Marga untuk memberikan bantuan alat berat Bulldozer tersebut dalam membuka akes jalan tertutup.

Pasalnya diakui Sartin, jalan tersebut merupakan akses satu-satunya menghubungkan antara Kecamatan Bilato dan Kecamatan Paguyaman.

“Alhamdulillah selama tiga hari berturut-turut dioperasikan, kondisi jalan tertutup secara perlahan sudah mulai terbuka.

Hal ini sebagai salah satu bantuk kepedulian perusahaan dalam membantu warga yang terdampak bencana tanah longsor dan banjir.

Upaya serupa bukan baru kali ini saja kami lakukan melainkan setiap kali ada bencana kami ikut ambil bagian juga dalam membantu meringankan beban warga,”tandas Sartin.

Sementara itu Koordinator Lapangan (Korlap) Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Munawir Matoe kepada wartawan koran ini mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak Pabrik Gula Gorontalo yang telah membantu meminjamkan alat berupa Bulldozer dalam membuka akses jalan yang tertutup longsor di Bilato.

“Pimpinan kami menitipkan salam sekaligus ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak PT Pabrik Gula Gorontalo. Sebab dengan bantuan alat ini setidaknya bisa menambah peralatan kami di lokasi bencana longsor.

Ini patut menjadi contoh buat pihak lain yang punya inisiatif dalam membantu korban bencana tanpa harus diminta,”ujar Munawir.

Diungkapkan Munawir, pihaknya juga merasa kaget tiba-tiba alat sudah berada di lokasi sejak pagi hari setelah sebelumnya sudah disampaikan oleh Kabid Bina Marga Kabupaten Gorontalo bahwa ada bantuan alat berat Bulldozer dari Pabrik Gula Gorontalo.

Lebih lanjut dikatakan Munawir, longsoran tanah yang menutupi jalan itu berasal dari perbukitan yang sudah gundul akibat adanya perkebunan jagung.

“Ditargetkan enam unit ekscavator juga akan dikerahkan ke lokasi. Kita kerja lembur siang dan malam.

Sebab dengan kondisi seperti ini warga yang naik kendaraan terpaksa harus memutar jauh lewat ambara Bongomeme. Kawasan itu hanya bisa dilalui pejalan kaki saja.

Alhamdulillah jalan sudah tembus sejak rabu (21/12/22). Insyaallah jika cuaca mendukung dan tidak ada hujan lagi.

Proses evakuasi akan terus dilakukan guna membersihkan sisa-sisa material longsor yang ada,”tutup Munawir. (adv/roy)

Comment