Horree! Desa Mongiilo Utara so Ada Listrik, Program Listrik Masuk Dusun 2022 Tuntas

GORONTALO-GP – Satu per satu wilayah pelosok di Gorontalo ‘tak lagi gelap’, kini sudah bisa menikmati listrik dari PLN. Seperti di Desa Mongiilo Utara, Kecamatan Bulango Ulu, Bone Bolango. Puluhan tahun hidup tanpa listrik, sekarang seluruh dusun di desa itu sudah tersambungkan dengan aliran listrik PLN.  Kondisi ini, jelas akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, apalagi diera saat ini, listrik sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Sebab, bukan hanya sebagai sumber penerangan saja, listrik juga dijadikan sebagai penggerak roda ekonomi suatu daerah.

Jajaran PLN bersama masyarakat Desa Mongiilo Utara, Bone Bolango. (foto : dok/PLN_

Misalnya lewat usaha masyarakat yang sumber energi utamanya adalah listrik. Salahsatunya di Desa Mongiilo Utara, Kecamatan Bolango Ulu. Wilayah yang terletak paling utara Kabupaten Bone Bolango itu, terkenal dengan potensi alam yang luar biasa. Manager UP3 PLN Gorontalo, Ridjal Abdul Rasyit, menyebutkan, melistriki wilayah pelosok, termasuk di Desa Mongiilo Utara, merupakan komitmen PLN untuk melayani masyarakat. Menurutnya, dengan tersambungnya listrik di Dusun III Desa Mongiilo di akhir tahun 2022 ini, maka PLN telah berhasil melistriki seluruh dusun yang ada di Desa Mongiilo Utara.

“Tentu ini merupakan hasil kerja nyata insan PLN di lapangan yang bekerja tak kenal lelah untuk melistriki hingga ke pelosok negeri, dalam hal ini PLN UP2K Gorontalo, maupun PLN UP3 Gorontalo,”terangnya. Serupa yang disampaikan Manger UPPK PLN Provinsi Gorontalo, Anshar, kata dia, terlaksananya listrik menembus pelosok di Gorontalo, tak lepas dari dukungan pemerintah daerah, terkait aksas jalan serta peran langsung dari masyarakat sekitar ikut membantu PLN. Misalnya dalam hal merelakan pohon-pohon produktif atau tanaman hias milik warga dilewati jaringan listrik baru tersebut untuk dipangkas atau ditebang. “Dukungan masyarakat dan pemerintah daerah sangat membantu suksesnya program ini,”tambah Manager UPPK, Anshar.

PLN UP2K Gorontalo telah selesai membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) Sepanjang 32.71 Kilometer Sirkuit (KMS), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) Sepanjang 36.05 Kilometer Sirkuit (KMS), Dan 28 Unit sebesar 1.450 KVA Gardu Distribusi, Dengan jumlah pelanggan tercatat kurang lebih 525 pelanggan dari total 876 calon pelanggan. “Dan akhirnya bisa terselesaikan sebelum akhir tahun 2022,”ujarnya. Hal Ini tergambarkan dari kegembiraan dan kebahagiaan masyarakat setempat, dimana mereka bisa beraktifitas selayaknya masyarakat di perkotaan.

PLN, lanjut Anshar, terus berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk kepuasan pelanggan. Untuk pelanggan yang listrik di daerahnya mengalami gangguan, dapat melaporkannya melalui Aplikasi PLN Mobile agar dapat langsung terpantau dan ditindaklanjuti petugas lapangan. Melalui PLN Mobile masyarakat pelanggan dapat mengakses kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja. PLN Mobile Semua Makin Mudah.

Sementara itu, Kepala Desa Mongiilo Utara begitu gembira, seluruh dusun di desanya kini sudah teraliri listrik PLN. “Atas nama pemerintah desa dan masyarakat, kami mengapresiasi PLN yang telah bekerja untuk melistrik daerah pelosok dan terus menjaga pelayanan kelistrikan sehingga masyarakat dapat menikmati listrik dengan nyaman,”katanya. Tahun 2022, PLN menargetkan sebanyak 26 lokasi desa/dusun di Provinsi Gorontalo yang belum menikmati listrik, untuk disambungkan jaringan listrik. (tro)

Comment