3 Pemain Thailand ini Bisa Jadi Ancaman Timnas Indonesia, Ada Alumni Liga Spanyol

gorontalopost.id, JAKARTA – Ada sejumlah pemain Thailand yang bisa menghadirkan ancaman bagi Timnas Indonesia.

Kedua tim akan bentrok pada lanjutan Grup A Piala AFF 2022. Duel Indonesia vs Thailand bakal dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore WIB.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong harus mewaspadai deretan pilar Thailand, khusunya tiga pemain senior, Teerasil Dangda, Theerathon Bunmathan, dan Sarach Yooyen.

Nama yang disebut terakhir, bahkan sudah menyiapkan mental untuk menghadapi puluhan ribu fan Garuda yang bakal memadati SUGBK.

“Ini adalah laga besar (Indonesia vs Thailand, red). Jadi, kami harus bersiap dengan baik. Target kami tentu menang meski bermain tandang,” ucap Yooyen dalam konferensi pers, Rabu (28/12/2022).

Di lain sisi, Pelatih Thailand Alexandre Polking merasa terbantu dengan kehadiran Teerasil, Theerathon, dan Yooyen.

Mereka, lanjut Polking, sudah terbiasa menghadapi laga panas, termasuk ketika bertemu Timnas Indonesia.

“Tim kami (Thailand) diisi pemain-pemain berpengalaman, seperti Teerasil Dangda, Theerathon Bummathan, dan Sarach Yooyen. Pengalaman mereka sangat membantu dalam situasi ini,” ucap pelatih asal Brasil tersebut.

Teerasil Dangda

Teerasil merupakan pencetak gol terbanyak kedua Timnas Thailand. Striker gaek 34 tahun itu telah membukukan 58 gol dari 118 laga.

Catatan tersebut hanya kalah dari legenda Thailand, Kiatisuk Senamuang yang sudah mengemas 71 gul dari 134 laga.

Meski usianya tak lagi muda, Teerasil tetaplah mematikan. Dia juga berstatus top skor sepanjang masa Piala AFF dengan 22 gol.

Kegemilangan Teerasil di level timnas, bahkan sempat membuat klub Liga Spanyol, Almeria tertarik untuk meminjamnya pada 2014 silam.

Theerathon Bummathan

Pesepak bola 32 tahun itu merupakan pemain senior Tim Gajah Perang dengan segudang pengalaman.

Theerathon sudah menjadi andalan Thailand sejak 2010 lalu. Dia merupakan bagian penting saat Gajah Perang merebut Piala AFF edisi 2016 dan 2020.

Di level klub, karier Theeraton juga cukup cemerlang. Pemain kelahiran Nonthaburi itu sempat merantau untuk membela salah satu klub besar Jepang, Yokohama F. Marinos.

Eks penggawa Muangthong United tersebut ikut mengantar Yokohama merebut trofi J League 2019.

Sarach Yooyen

Pemain berikutnya yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia ialah Sarach Yooyen. Peran gelandang 30 tahun ini cukup krusial bagi Thailand.

Yooyen menjadi pengatur tempo serangan Gajah Perang. Pemilik 61 caps bersama Thailand itu juga terkenal handal dalam memutus aliran bola lawan serta aktif membantu serangan.(mcr15/jpnn)

Comment