Kaum Hawa Mulai Gandrungi Lato-Lato

Gorontalopost.id – Demam lato-lato belakangan viral dimana-mana. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memainkan permainan tersebut. Di Kota Gorontalo permainan Jaman Dulu (Jadul) yang tren pada tahun 1990-an itu saat ini sudah mulai digandrungi cewek-cwek.

Pantauan Gorontalo Post, Rabu (18/1/23), salah satu lapak pedagang lato-talo lato di kawasan Jalan HB Jasin (eks Agusalim) Kota Gorontalo, nampak banyak dikerumuni para pembeli mayoritas orang dewasa. Bahkan, ada sejumlah cewek tengah memainkan lato-lato berukuran jumbo yang baru dibelinya dari pedagang tersebut.

Saat diwawancarai Mita Husain mengatakan, dirinya membeli lato-lato karena merasa penasaran dengan permainan satu ini yang sudah viral dimana-mana. Terlebih baru-baru ini permainan lato-lato telah dilombakan untuk semua kalangan di lapangan taruna remaja Kota Gorontalo.

“Penasaran aja sih, ternyata memang asyik bermain lato-lato,”kata Mita. Mahasiswi di salah satu perguruan Tinggi ternama di Gorontalo ini menambahkan, dirinya membeli lato-lato jumbo alasanya karena merasa lebih menantang. Harga lato-lato yang dijual pedagang bervariasi, mulai dari harga termurah Rp 20 Ribu hingga Rp 45 Ribu tergantung asesoris pada lato-lato tersebut. “Kalau lato-lato Led atau yang ada lampunya itu bisa sampai Rp 45 Ribu. yang biasa tidak pakai lampu hanya Rp 20 Ribu saja. Anak-anak paling banyak beli yang biasa saja.

Tapi kalau cewek-cewek justru lebih tertarik dengan ukuran jumbo,”ungkap Amir Abdullah pedagang latolato. Seperti diketahui, permainan lato-lato terdiri dari dua dua bola bandulan berat warni-warni yang digantung ke sebuah tali.

Permainan ini dimainkan dengan cara membenturkan dua bola bandulan pemberat dengan cepat, sampai menimbulkan bunyi ‘tek..tek..tek. Bahkan, saat ini permainan lato-lato dimainkan tidak hanya dengan satu nada saja melainkan beberapa nada, tergantung kemahiran dari orang yang bermain lato-lato tersebut. (roy)

Comment