Bahaya! Jangan Bernapas Dengan Mulut, Berikut Dampak Pada Kesehatan

Gorontalopost.id – Menghirup udara dengan mulut dapat menyebabkan gangguan serta resiko kesehatan yang serius.

Saat keadaan hidung tersumbat karena flu, terkadang memaksa kita bernapas dengan mulut yang terbuka lebar.

Tapi ternyata, kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah kesehatan loh.

Hal itu diungkapkan oleh Mandy De Vries, RRT, RRT-NPS. Terapis pernapasan sekaligus direktur pendidikan di American Association for Respiratory (AARC).

Mandy mengatakan bernapas dengan hidung adalah cara alami tubuh untuk memastikan bahwa kita mendapatkan oksigen yang dibutuhkan.

Dalam kondisi yang terbuka untuk waktu yang lama mulut kita akan menyebabkan jaringan mulut terhidrasi. Yang berakibat mulut cenderung terasa kering.

Air liur membantu mulut tetap lembap serta membantu mencegah bakteri, saat mulut kering, bakteri jahat mulai tumbuh subur yang membuat napas bau.

Kebiasaan bernapas dengan mulut juga bisa meningkatkan resiko kerusakan gigi.

Dan tahukah kamu, seiring bernapas lewat mulut juga akan semakin besar kemungkinan kita terkena pilek.

Karena udara yang mencapai jalan napas melalui mulut cenderung lebih dingin, lebih kering, juga kurang tersaring dari pada hidung.

Tak hanya itu, resiko kesehatan lainnya menyebabkan otot tenggorokan dan sekitarnya melemah, yang seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan mendengkur.

Jika kondisi ini tidak ditangani dapat menyebabkan masalah seperti kelelahan di siang hari, tekanan darah tinggi, masalah jantung dan diabetes. (*)

 

Comment