KUD Dharma Tani Beri Sumbangsih Besar ke Daerah, Dikatakan Saipul Saat Rapat Anggota Tahunan

Gorontalopost.id – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dengan resmi membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-33 Koperasi Unit Desa (KUD) Dharma Tani tahun buku 2022 yang berlangsung di Gedung Ichsan Convention Center Unipo, Kamis (26/1).

Hadir pada kegiatan itu Ketua Umum KUD Dharma Tani, Idris Kadji, Direktur Utama PT. Puncak Emas Tani Sejahtera, Boyke Poerbaya Abidin, Komisaris Utama, Syamsul Bahri Ilyas, staf ahli bupati, asisten, pimpinan OPD, dan camat.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul mengatakan rapat anggota tahunan mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan koperasi ke arah yang lebih baik lagi. Karena dalam RAT ini akan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi.

“Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi,” kata bupati.

Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan kualitas organisasi diharapkan unsur badan usaha koperasi seperti pengurus dan pengawas dapat mengoptimalkan tugas, fungsi, dan perannya masing-masing. “Dengan sinergitas yang kompak antara badan pengawas dan pengurus koperasi akan memungkinkan jalannya operasional usaha koperasi akan optimal yang tentunya akan memberikan efek yang positif bagi pertumbuhan, perkembangan usaha koperasi itu sendiri,” tambahnya.

“Tujuan didirikannya koperasi adalah untuk mewujudkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya, dengan demikian harus terjalin kerjasama yang baik antar pengurus, pengawas dan para anggota,” lanjut Saipul.

Diakui bupati, KUD merupakan salah satu koperasi kebanggaan dan menjadi aset penting bagi daerah, karena kontribusinya begitu besar dalam rangka menggerakkan sektor ekonomi di Kabupaten Pohuwato. “Salah satu bidang usaha koperasi yang saat ini menjadi perhatian kita adalah peranannya dalam sektor usaha pertambangan melalui konsorsium Pani Gold Project, di bawah manajemen merdeka group yang sedang memulai tahapan konstruksi pertambangan emas di Kabupaten Pohuwato,” tuturnya.

Pemerintah daerah kata Bupati Saipul mendorong percepatan tahapan konstruksi ini sesuai target agar tahapan eksploitasi dapat segera dimulai. Keberadaan investasi Pani Gold Project telah memberikan efek multi sektor bagi daerah dan masyarakat Pohuwato. Penyerapan tenaga kerja lokal telah berkontribusi bagi pengurangan angka pengangguran dan mendorong perputaran ekonomi lokal,” pungkasnya. (ayi)

Comment