Kadis PU Minta Dicopot, Irwan : DPRD Bukan Eksekutor

Gorontalopost.id – Kepala Dinas PUPR Kot Gorontalo didesak untuk dicopot dari jabatannya saat ini. Desakan ini disampaikan sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Gorontalo saat menggelar demo di kantor DPRD Kota Gorontalo, Senin (20/2/2023)

Salah satu orator Zakaria dalam orasinnya mengungkapkan, bahwa desakan pencopotan jabatan Kadis PUPR itu sangat beralasan. Pasalnya, Kadis PU PR dinila gagal dalam menangani pekerjaan sejumlah proyek dibiayai dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang hingga kini tak kunjung rampung. Zakaria menguraikan, proyek PEN yang belum tuntas itu yakni proyek kawasan pusat pertokoan di pasar tua.

Proyek Jalan Nani Wartabone eks panjaitan inklude drainase, dan sejumlah proyek PEN lainnya seperti di Jalan Tondaino. Zakaria mengakui, lambannya pekerjaan proyek-proyek tersebut sangat berdampak pada para pelaku ekonomi di lokasi pekerjaan proyek yang kehilangan pendapatan. Bahkan kata Zakaria, banyak usaha yang sudah tutup.

Ketua Komisi C DPRD Kota Gorontalo Irwan Hunawa dihadapan massa aksi menjelaskan, pihaknnya bukan sebagai eksekutor yang bisa langsung mencopot Kepala Dinas, sebab hal itu merupakan kewenangan penuh dari Walikota. Namun, sebagai lembaga fungsi kontrol atau pengawasan, yang bisa dilakukan DPRD hanyalah memberikan sebuah rekomendasi ke dinas untuk melakukan langkah-langkah serius dalam percepatan pekerjaan proyek tersebut.

“Alhamdulilah rekomendasi kami diiyakan oleh Dinas PU dalam hal ini yang punya kegiatan tersebut. Dinas PU minta waktu lagi apakah proses lelang untuk proyek putus kontrak apakah melalui Penunjukan Langsung (PL) atau proses tender,”kata Irwan. Dinas PU jelas Irwan minta fatwa jangan sampai proses yang mereka lakukan bisa berkonsekwensi hukum.

Namun demikian, Dinas PU tegas Irwan berjanji pekan ini akan melakukan Penunjukan Langsung dan pihaknya tidak bisa mengintervensi hal itu. “Kami juga DPRD tidak mau hal ini berlarut-larut, mengenai tuntutan massa aksi itu nantinya secara kelembagaan pasti akan kita sampaikan ke Walikota. Jadi jangan anggap kita hanya tidur, namun kita bekerja sama-sama sesuai kewenangan masing-masing, Intinya kami di DPRD mendorong agar bagaimana pekerjaan itu cepat selesai supaya bisa dinikmati oleh rakyat,”tutup Irwan.

Sementara itu Kepala DInas PU Kota Gorontalo Rivaldi Bahsoan dihadapan mahasiswa mengaku tidak diam saja melainkan terus berupaya agar bagaimana proyek tersebut cepat selesai. “Insya Allah kami targetkan tahun ini proyek tersebut tuntas secepatnya. Semoga semua proses yang telah kami lakukan dan akan kami lakukan berjalan lancar tanpa hambatan sediktipun,”tandas Rivaldi. (roy)

Comment