Pelatihan DTS-GTA Tahun 2023

Gorontalopost.id – Besar harapan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid agar pelatihan Digital Talent Scholarship-Goverment Transformation Academy (DTS-GTA) yang diselenggarakan atas kerjasama Badan
Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenkominfo Manado dengan Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo, dapat mewujudkan Kota Gorontalo sebagai kota yang kompetitif.

“Tak hanya itu, kami juga berharap pelatihan ini, dapat menjadikan Kota Gorontalo sebagai kota inovatif di era 4.0, serta terus mendorong pembangunan ke arah yang lebih maju dan berkelanjutan, menghasilkan ASN dan TPKD yang handal, terampil, dan dapat bersaing ditingkat nasional dan internasional,” ucap Sekda Ismail, ketika membuka kegiatan yang dilangsungkan di Ball Room Hotel Dumhil, Senin (13/3/2023) itu.

Menyampaikan harapan tersebut, Sekda Ismail bukan tanpa alasan. Sebab, kata dia, kegiatan DTS-GTA bertujuan untuk menghasilkan SDM berkualitas, terutama untuk ASN dan TPKD Pemerintah Kota Gorontalo, agar mampu meningkatkan pelayanan melalui ekosistem digital.

“Saya meminta kepada seluruh peserta agar mampu memanfaatkan teknologi informasi dan digital, secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja organisasi dan mempercepat transformasi digital di sektor publik,” kata mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda).

Sebelumnya, BPSDM Kemenkominfo Manado telah melaksanakan kegiatan yang hampir sama. Tercatat, kegiatan yang sama sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali. Yakni pada tahun 2020 terkait literasi digital yang diikuti oleh warga masyarakat. Kemudian pada tahun 2021 Digital Entrepreneurship Academy (DEA) diikuti oleh pelaku usaha, tahun 2022 Digital Talent Academy-Fresh Graduate Academy (DTS-FGA) diikuti oleh lulusan perguruan tinggi. Yang terakhir DTS-GTA.

“Atas nama Pemerintah Kota Gorontalo, saya mengapresiasi BPSDM Kemenkominfo Manado dan Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo yang telah sukses melaksanakan kegiatan ini. Kami berharap kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi agenda tetap dan wajib bagi Pemerintah Kota Gorontalo selaras dengan akronim Smart City yang secara eksplisit mencanangkan Kota Gorontalo sebagai kota yang selaras dengan perkembangan dunia digital,” pungkas Sekda Ismail. (rwf)

Comment