Tahura Gorontalo, Disematkan Nama BJ Habibie

Gorontalopost.id – Taman hutan rakyat (tahura) seluas 6.208 hektare di wilayah Kecamatan Asparaga, Kabupaten Gorontalo yang ditetapkan Menteri Kehutanan RI dengan SK 810/MENLHK/Setjen/PLA.2/8/2022, resmi bernama Tahura Bacharudin Jusuf Habibie (BJ Habibie). Penyematan nama Presiden RI ke 3 itu, telah beroleh restu dari keluarga BJ Habibie.

Keluarga diwakili oleh putra sulung BJ Habibie, Dr.-Ing. H. Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing., M.B, yang disuarakan lewat dialog bersama di Habibie Center Jakarta, Senin (20/3/2023), menyambut baik penyematan nama BJ Habibie untuk Tahura Gorontalo.

“Pak Ilham menyambut baik dan menyetujui permohonan dimaksud. Bahkan ada hal-hal yang sifatnya teknis nanti akan dibicarakan bersama tim pemda bersama tim keluarga BJ Habibie. Terutama terkait dengan syarat dan nilai manfaat dari pada Taman Hutan Raya bagi masyarakat dan ekosistem lingkungan itu sendiri,” ungkap Kepala dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Dr. Safwan bano, kemarin.

Safwan Bano menyampaikan, dalam kesempatan itu Pemerintah Kabupaten Gorontalo melaporkan rencana Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo soal peresmian Tahura akan di laksanakan pada bulan September 2023, bersamaan dengan pertemuan negara-negara penghasil Kelapa Dunia yang dipusatkan di Kabupaten Gorontalo, dalam acara Word Coconut Day tahun 2023.

“Kami juga melaporkan rencana pelaksanaan Word Coconut Day tahun 2023 dalam hal ini tuan rumah Gorontalo dan itu dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo. Pada momentum itu pun dirangkaikan dengan Peresmian Tahura. Alhamdulillah di akhir audiensi pak Pak Ilham menyatakan berupaya akan datang hadir pada saat peresmian Tahura di Kabupaten Gorontalo,” jelas Safwan.

Sebelumnya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, mengatakan,

“Tahura Gorontalo merupakan Tahura terbesar di Indonesia, sangat layak diberi nama BJ Habibie. Apalagi, kata Nelson, BJ Habibie merupakan sosok yang mendorong terwujudnya Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) di wilayah Bolaang Mongondow dan Bone Bolango.”

Sehingga, lanjut Nelson, nama besar BJ Habibie, sangat layak dikenang dan disematkan menjadi nama tahura kebanggaan dan terbesar milik Gorontalo dan Indonesia. “Kita kenang nama beliau sebagai salah satu sosok yang sangat peduli dengan pelestarian lingkungan di Indonesia, khususnya Gorontalo,” katanya. (Nat)

Comment