5 Tempat Ngabuburit di Gorontalo yang Asyik Buat Nunggu Beduk

Gorontalopost.id, GORONTALO – Bulan Ramadhan sebagai bulan penuh berkah sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam. Selain berburu rahmat dan amal kebaikan, umat Islam juga berbondong-bondong untuk mengikuti berbagai tradisi maupun kegiatan yang hanya ada di bulan Ramadhan.

Seperti halnya ngabuburit di sore hari yang merupakan satu fenomena tersendiri bagi umat Islam, khususnya di Indonesia. Kegiatan ini juga berlaku di daerah Gorontalo. Bahkan, termasuk dalam kegiatan ‘wajib’ di bulan Ramadhan bagi beberapa masyarakat Gorontalo.

Sejumlah masyarakat di Kota Gorontalo memilih beberapa tempat untuk menghabiskan waktu sembari menunggu beduk sekaligus berburu takjil.

Nah, berikut ini sejumlah tempat rekomendasi untuk ngabuburit di Kota Gorontalo dan sekitarnya.

1. Center Point

Masyarakat Gorontalo tentu saja sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Bagaimana tidak? Setelah sempat viral beberapa tahun yang lalu, kini Center Point menjadi salah satu ikon Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi masyarakat Gorontalo untuk berbondong-bondong mendatangi tempat ini saat bulan Ramadhan.

Pantauan Gorontalopost.id sejak Kamis, 1 ramadhan 1444 Hijriah hingga kini, center point selalu ramai pengunjung di mulai dari subuh hingga sore hari.

Namun, sangat direkomendasikan untuk mendatangi tempat yang satu ini di sore hari karena suasana di sore hari yang syahdu nan sejuk sangat cocok untuk sobat GP yang sedang berpuasa.

Jika pada umumnya ngabuburit selalu diartikan dengan berburu takjil, di tempat ini Sobat GP menikmati ngabuburit dengan berleha-leha sambil memandang matahari yang akan terbenam di penghujung sore.

Tidak perlu khawatir untuk buka puasa, di sekitar Center Point juga ada rumah makan sederhana yang bisa jadi tempat buka puasa yang nyaman untuk Sobat GP.

2. Danau Perintis

Kalau Sobat GP merasa Center Point terlalu ramai untuk dijadikan tempat ngabuburit, Sobat GP bisa melipir sedikit ke Danau Perintis. Masih tetap kawasan kabupaten Bone Bolango, danau yang satu ini terletak di desa Huluduotamo, Kec. Suwawa.

Sebagai danau yang memiliki pemandangan alam yang indah, tentu saja danau ini menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat Gorontalo untuk ngabuburit.

Danau ini difasilitasi dengan perahu dan wahana bebek air dengan harga yang sangat terjangkau sehingga Sobat GP tidak perlu merogoh kantong banyak untuk menikmati fasilitas yang disediakan.

Untuk naik perahu, Sobat GP hanya perlu membayar 5 ribu Rupiah dan untuk naik wahana bebek air, Sobat GP hanya perlu membayar 20 Ribu Rupiah.

Bagaimana? sangat terjangkau, bukan? Eits, tidak hanya itu saja, di danau perintis, Sobat GP juga dapat memancing ikan air tawar sembari menunggu waktu berbuka puasa, loh. Sangat seru, kan?

3. Menara Limboto

Tidak perlu jauh-jauh ke Bone Bolango, jika Sobat GP berada di seputaran Kabupaten Gorontalo, Pakaya Tower atau yang lebih akrab dengan sebutan Menara limboto ini merupakan pilihan yang tepat untuk ngabuburit serta menjadi primadona bagi pegiat foto selfie atau swafoto.

Pakaya Tower ini berlokasi di Jalan Baso Bobihoe , Kayubulan, Limboto, Kabupaten Gorontalo. Keunikan bentuk bangunan yang mirip dengan Menara Eiffel di Paris ini kerap menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung.

Selain itu, di bulan Ramadhan, Pakaya Tower ini ramai akan pedagang yang menjual berbagai jenis takjil, buah-buahan, hingga makanan berat untuk berbuka puasa.

Jadi, untuk Sobat GP yang ingin ngabuburit sekaligus berburu takjil, wajib untuk menjajal tempat yang satu ini, ya.

4. Pelataran KampusĀ  1 UNG

Siapa sih, yang tidak kenal kampus UNG? Kampus 1 UNG yang dikenal dengan kampus peradaban ini berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Kel. Wumialo, Kec. Kota Tengah, Kota Gorontalo.

Sobat GP pasti sudah pernah atau bahkan sering lewat di depan kampus 1 UNG, kan?

Pantauan Gorotalopost.id, Senin, 27/3/23, hampir sepanjang ruas jalan JDS hingga depan kampus 1 UNG sangat ramai dengan pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman. Mulai dari jajanan tradisional, jajanan modern, takjil, minuman segar hingga makanan berat.

Tempat ini sangat strategis untuk Sobat GP yang ingin berburu takjil sekaligus ngabuburit.

Selain menjual aneka ragam makanan dan minuman, khusus bulan Ramadhan, di sekitar depan gerbang kampus 1 UNG dan Maskam UNG menyediakan takjil serta makanan berat gratis, loh.

5. Taman Kalimadu

Ingin menunggu bedug sambil nongkrong di taman? Sobat GP bisa mendatangi Taman Kalimadu yang berlokasi di Jalan Madura, Kel. Liluwo, Kec. Kota Tengah, Kota Gorontalo.

Taman Kalimadu atau Taman Kalimantan-Madura adalah salah satu proyek desain pemkot untuk mempercantik dan memperindah Kota Gorontalo. Meski baru rampung pada tahun 2022, taman ini sudah sangat populer di kalangan anak muda hingga orang dewasa.

Pantauan Gorontalopost.id, Senin, 27/3/23, pada sore hari sepanjang jalan Taman Kalimadu dipenuhi dengan aneka jualan khusus bulan Ramadhan, seperti takjil, berbagai macam jajanan, hingga makanan berat, dan tentunya harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Untuk Sobat GP yang ingin berburu takjil sekaligus ngabuburit, sangat direkomendasikan untuk mendatangi taman ini, karena selain menjual aneka makanan dan minuman, taman ini juga dikelilingi dengan pohon-pohon rindang sehingga udaranya sejuk. Sangat cocok untuk Sobat GP yang ingin bersantai di pusat kota.

Itulah sejumlah rekomendasi yang kami rangkum untuk Sobat GP. Tunggu apa lagi? Yuk, ngabuburit!

Comment