Lebaran Ketupat di Popbar Hadirkan Seni Kuda Lumping, Suharsi: Jaga dan Lestarikan Budaya Ini 

Gorontalopost.id – Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa menjadi tamu istimewa dalam gelaran kegiatan Lebaran Ketupat yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Tunas Jaya, Kecamatan Popayato Barat, Sabtu (29/4). Kedatangan orang nomor dua di Kabupaten Pohuwato itu disambut dengan kesenian tradisional kuda lumping ‘Turonggo Yakso’ yang merupakan jenis tari tradisional berupa pasukan kuda yang sering digunakan saat penyambutan tamu oleh suku Jaton (Jawa Tondano)

Wabup Suharsi Igirisa menyampaikan terima kasih atas sambutan yang meriah, juga sangat bersyukur bisa diundang dalam gelaran kegiatan warga khususnya di Desa Tunas Jaya.

“Sehingga kami bisa menjalin silaturahmi dan bertegur sapa dengan masyarakat yang ada di sini. Terlebih pada perayaan ketupat ini dihadirkan kesenian tradisional kuda lumping” ujarnya.

Wabup Suharsi menyampaikan bahwa kebudayaan seperti ini wajib untuk dijaga bahkan dilestarikan sehingga kedepan budaya ini masih terus terjaga.

“Ya, apalagi di moment perayaan lebaran ketupat seperti ini yang dimana ini merupakan budaya dari suku Jawa Tondano yang dilaksanakan sepekan usai Idul Fitri,” tambahnya.

“Kami sangat mengapresiasi terutama kepada pemerintah desa yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan mengundang komunitas seni dari daerah tetangga Sulteng. Meski kita beda suku akan tetapi rasa persahabatan dan kekeluargaan tetap terjaga. Saya harap ini dapat terus ditingkatkan,” harap Wabup Suharsi Igirisa. (ayi)

Comment