Juara Lomba Tingkat IV Pramuka, Kwarcab Kabgor-Boalemo Wakil Gorontalo ke Cibubur

GORONTALO -gorontalopost.id– Regu putra pramuka penggalang dari Kabupaten Gorontalo (Kabgor), dan regu putri pramuka penggalang dari Kwarcab Kabupaten Boelemo, dipastikan akan mewakili Gorontalo pada ajang lomba tingkat V (LT-V) pramuka penggalang, di bumi perkemahan pramuka, Cibubur, Jakarta pada Juli nanti. Hal itu, setelah dua regu pramuka itu, menjadi pemenang dalam lomba tingkat IV yang digelar Kwarda Provinsi Gorontalo, 6-7 Mei 2023.

Kegiatan Pramuka berupa lomba tingkat, merupakan agenda paling bergengsi bagi pramuka penggalang. Lomba tingkat merupakan lomba ketangkasan dan kreativitas pramuka penggalang, yang digelar berjenjang dari lomba tingka I untuk tingkat gugus depan (sekolah), lomba tingkat II untuk jenjang kwartir ranting (kecamatan), lomba tingkat III untuk tingkat kwartir cabang, lomba tingkat IV untuk tingkat kwarda (provinsi), selanjutnya yang juara diikutkan pada lomba tingkat V secara nasional.

Upacara penutupan LT IV tingkat Provinsi Gorontalo dilakukan langsung oleh Ketua Kwarda Gorontalo terpilih (periode 2023-2028), Sofyan Puhi, Ahad (7/5) kemarin. “Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh Kwartir Cabang yang telah mengirimkan utusan, juga kepada pembina pendamping yang telah setia mendampingi peserta pada lomba dan lebih khusus kepada seluruh peserta lomba tingkat IV,”ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan LT merupakan sistem lomba, sehingga harus ada yang menang. “Dan yang akan menjadi pemenang di lomba ini akan mewakili Gorontalo ke tingkat nasional bulan Juni 2023 di Cibubur Jakarta pada kegiatan LT-V,”katanya. Dalam lomba tingkat IV Kwarda Gorontalo, seluruh peserta mengikuti 16 rangkaian lomba, yakni administrasi regu, backpacking skill, semboyan dan isyarat, pionering, peraturan baris-berbaris, pentas seni, pidato, wawasan scout of solar, wawasan bijak bermedia sosial, hasta karya, senam pramuka, peta – kompas, sketsa panorama, pertolongan pertama pada kecelakaan, pembuatan jamu tradisional, dan lomba reportase. (tro)

Comment