Kabgor Kini Miliki Mall UKBM

Gorontalopost.id – Di era kepemimpinan Bupati Gorontalo Prof DR Ir Nelson Pomalingo, peningkatan derajat kesehatan Kabupaten Gorontalo terus jadi perhatian. Selain membenahi fasilitas di seluruh kecamatan, pemerintah juga terus melahirkan berbagai inovasi. Seperti dengan hadirnya Mall Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) dan Gerakan Rakyat Sehat (GRS), yang diresmikan di Pasar Desa Hutadaa Kecamatan Talaga Jaya, Rabu, (17/5/2023).

Prgram GRS untuk bergerak di dalam pelayanan promotif dan preventif dan satunya bergerak dalam pelayanan kuratif dan rehabilitasi. Sementara itu Mall UKBM untuk pelayanan secara terpadu berupa skrining terutama pelayanan ibu hamil, balita dan lansia, layanan donor darah, pemberian vitamin kepada remaja dan sebagainya.

“Program ini sejalan dengan program unggulan kita, yaitu pengembangan SDM bidang kesehatan dan pendidikan, kemajuan UMKM dan pertanian, serta transformasi birokrasi yang efisien,” ungkap Nelson ditemui usai kegiatan itu.

Nelson juga bangga karena atas kolaborasi dilakukan sejumlah OPD kegiatan ini sukses dilaksanakan dan ini sebagai suatu prestasi memberikan manfaat yang besar dengan memanfaatkan anggaran secara efisien.

“Kesehatan adalah kunci untuk kecerdasan, produktivitas dan kebahagiaan individu. kegiatan ini dilakukan secara terpadu, meski dengan keterbatasan anggaran, namun dengan efisiensi yang tepat, pelayanan yang maksimal dapat terwujud,” terang Nelson.

Ia pun berharap program ini terus dikembangkan hingga di tingkat desa, sehingga masyarakat dapat merasakan dampaknya.

“Saya berharap bukan hanya dengan gerakan rakyat sehat, tetapi juga gerakan rakyat pintar, sejahtera, dan bahagia. hal ini juga harus dilakukan hingga tingkat desa,” harap Nelson.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Ismail Akase, menerangkan kegiatan ini bermula dari permasalahan kesehatan yang ada di daerah tersebut.

“Motivasi di balik terselenggaranya kegiatan ini berawal dari masalah kesehatan yang dihadapi Kabupaten Gorontalo. direncanakan sejak tahun lalu, dan saat ini program tersebut berhasil direalisasikan. Pada tahun sebelumnya, beberapa puskesmas juga telah melaksanakan kegiatan serupa,” terang Ismail Akase.

Ismail mengatakan bahwa tujuan utama dari program ini adalah mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan melibatkan beberapa OPD dalam kolaborasi ini, tidak hanya anggaran yang dapat diefisiensikan, tetapi manfaat yang diperoleh juga semakin besar. (Nat)

Comment