Nelson Salurkan Rp215juta for Petani Bongomeme, Berupa Bantuan Alsintan Program Readsi

Gorontalopost.id – Bantu petani jadi mandiri, Pemerintah Kabupaten Gorontalo kembali menyalurkan bantuan berupa alat sistem pertanian (Alsintan) di Kecamatan Bongomeme, Rabu (24/5/2023). Total bantuan yang diserahkan Rp215.073.000.

“Ini semua dalam rangka peningkatan produksi pertanian kita. Mudah-mudahan dengan begitu pendapatan masyarakat bisa baik,” ucap Bupati Gorontalo Prof DR Ir Nelson Pomalingo.

Bantuan ini merupakan bagian dari program Rural Empowerment and Agriculturql Development Scaling-up Initiative (Readsi). Yang merupakan program pendanaan dan hibah dari luar negeri, dan telah berlangsung lima tahun (2019-2023). Di Indonesia hanya ada 13 kabupaten yang mendapat kepercayaan untuk menerima program hibah ini, Kabupaten Gorontalo salah satunya.

Di mana bantuan yang diserahkan kemarin, merupakan kolaborasi antara program Readsi dan kontribusi dari para kelompok tani. Dengan rincian 70 persen dana pemerintah (Readsi) Rp. 150.551.100,- dan 30 persen kontribusi kelompok tani sebesar Rp. 64.521.900. Bantuan ini disebar ke 12 kelompok tani di 3 desa. Yakni 5 kelompok tani Desa Bongohulawa, 5 kelompok tani Desa Batu Loreng dan 2 kelompok tani desa Liyoto.

“Apa yang kita lakukan saat ini, tidak lain untuk bagian upaya kuta mendorong kemandirian petani,” beber Nelson.

Tak hanya soal bantuan dan program dari pemerintah. Upaya Pemkab mendorong petani lebih sejahtera juga melalui perbankkan dalam rangka permodalan. Bahkan menggandeng BPJS untuk memberikan asuransi para petani.

“Sehingga petani kita bisa melihat masa depan, bukan masa lalu, dan itu yang penting,” tukas bupati.

Terakhir bupati yang ahli pertanian itu, juga mengucapkan apresiasinya pada para penyuluh pertanian yang telah maksimal memberikan pendampingan. Juga para kelompok tani yang terus bersemangat mendorong anggotanya semakin mandiri. (Nat)

Comment