Bus Rombongan Jemaah Calon Haji asal Pamekasan Kecelakaan di Bangkalan

Gorontalopost.id – Bus pengangkut rombongan jemaah calon haji asal Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mengalami kecelakaan di Jalan Raya Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, Rabu (24/5).

“Penyebabnya karena sopir bus mengerem mendadak, sehingga ditabrak oleh bus yang ada di belakangnya,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan Abdul Halim dalam keterangan pers yang disampaikan kepada media di Pamekasan, Rabu (24/5) sore.

Menurut dia, bus rombongan jemaah calon haji yang mengalami kecelakaan itu dengan nomor rombongan 5 dan 6.

Halim mengatakan jemaah calon haji asal Pamekasan yang ada dalam rombongan bus nomor 5 dan 6 itu tergabung dalam kloter 6.
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Semua jemaah calon haji yang ada di dua bus tersebut, selamat. “Hanya bus mengalami pecah kaca dan bagian depan penyok,” ujarnya.

Akibat kejadian itu, semua penumpang di dua bus tersebut dialihkan ke bus yang mengangkut rombongan untuk kelompok terbang (kloter) 4 yang baru balik mengantarkan rombongan jemaah haji dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

“Karena bus pengangkut rombongan kloter 4 sudah lebih dahulu tiba di Surabaya, maka kami minta agar kembali lagi untuk mengangkut jemaah yang busnya terlibat kecelakaan tersebut,” ungkapnya.

Kabupaten Pamekasan mendapat kuota 1.445 untuk penyelenggaraan ibadah haji reguler tahun 2023.

Menurut Halim, total jumlah itu terdiri dari 582 calon jemaah haji lunas tunda, 490 sesuai urutan porsi, 294 prioritas lansia, dan 79 cadangan. (antara/jpnn)

Comment