Fadliyanto Koem Tetap Ketua KPU Provinsi Gorontalo

Petahana Tetap pada Divisi Semula, Risan Divisi Hukum, Opan Tangani Divisi Sosialisasi

gorontalopost.id Setelah resmi dilantik sebagai anggota komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Gorontalo periode 2023-2028, Rabu (24/5), formasi divisi masing-masing komisioner, yakni Fadliyanto Koem, Sophian Rahmalo, dan Hendrik Imran, tak berubah. Dua komisioner lainya, yakni Opan Hamsah, dan Risan Pakaya, menempati divisi peninggalan anggota KPU sebelumnya, yakni Selvi Katili, dan Ramli Ondang Djau. “Sudah (pleno), posisi (ketua) tetap,”ujar komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola, kepada Gorontalo Post, Jumat (26/5). Hal yang sama disampaikan anggota KPU Provinsi Gorontalo lainya, Hendrik Imran. “Masih pak Fadly,”tambah  Hendrik.

Dengan formasi yang ada, maka ketua KPU Provinsi Gorontalo tetap diemban Fadliyanto Koem, sekaligus divisi keuangan umum, logistik, dan rumah tangga. Sophian Rahmola mengemban amanah pada divisi perencanaan data dan informasi, sementara Hendrik Imran tetap pada divisi teknis penyelengaraan. Komisioner KPU, Opan Hamsah pada posisi divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat, dan SDM. Sedangkan Risan Pakaya pada divisi hukum dan pengawasan.

Sebelumnya, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari melantik lima komisioner KPU Provinsi Gorontalo bersama 101 komisioner KPU dari 20 Provinsi di Indonesia. Pelantikan yang berlangsung kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/5) itu juga dihadiri Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo Mukti Mile. “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum provinsi periode 2023-2028, dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila, dan UUD Negara Republik Indonesia 1945. Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil dan cermat demi suksesnya pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Tegaknya demokrasi dan keadilan, serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia, daripada kepentingan pribadi atau golongan,” ujar Hasyim, memandu sumpah yang diikuti seluruh anggota KPU Provinsi yang dilantik.

Selain dari Gorontalo, anggota KPU yang dilantik juga dari KPU Provinsi Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya. (tro)

Comment