Ridwan-Gustam Resmi Pindah ke F-PAN, Pengaruhi Komposisi Pada Alat Kelengkapan DPRD

Gorontalopost.id – Setelah sekian lama menunggu, akhirnya aleg Hanura, Ridwan R. Arbie dan aleg PKS, Gustam Ismail resmi bergabung dengan Fraksi PAN, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Resmi bergabung dengan Fraksi PAN tersebut setelah adanya dokumen dari masing-masing partai dan juga tentunya dari Fraksi PAN yang kesemuanya dibacakan oleh sekretaris DPRD Fahrudin Lasulika dalam rapat paripurna internal belum lama ini. Dalam rapat paripurna internal tersebut, melalui surat masuk DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Gorut nomor 002/DPDPKSGorut/I/2023.

“Surat tersebut ditandatangani langsung oleh ketua DPD PKS Gorut Windra Lagarusu, dan Sekretaris Rahmat Z,” terangnya. Lebih lanjut surat masuk lainnya yang dibacakan juga oleh Fahrudin dalam rapat paripurna internal tersebut yakni dari partai Hanura Kabupaten Gorontalo Utara, Nomor B/29/DPCHanura/Gorut/I/2023, tentang usul perpindahan anggota fraksi.

“Dalam surat tersebut diterangkan bahwa Ridwan R. Arbie diusulkan pindah fraksi yang sebelumnya dari Fraksi Gabungan Para Bintang ke Fraksi PAN” jelas Fahrudin. Tidak hanya surat dari dua partai tersebut, ada juga surat dari fraksi PAN DPRD Gorut dengan nomor FPAN/DPRDGorut/K/02/II/2023, tentang penerimaan anggota fraksi.

“Dalam surat tersebut, disampaikan bahwa bahwa Fraksi PAN DPRD Gorontalo Utara telah menerima surat dari partai PKS dan Hanura perihal perpindahan anggota fraksi. Sehingga berdasarkan surat itu Fraksi PAN memutuskan dan telah sepakat menerima keinginan perpindahan kedua anggota DPRD tersebut ke fraksi PAN” tegasnya.

Sebelumnya memang ada surat terkait dengan perpindahan fraksi yang telah disampaikan oleh Partai Hanura dan Partai PKS yang sebelumnya tergabung dalam Fraksi Gabungan Para Bintang pindah ke Fraksi PAN. Dengan demikian maka terjadi perubahan komposisi dalam fraksi yang tadinya Fraksi Gabungan Para Bintang. Tadinya Fraksi Gabungan Para Bintang berjumlah 6 orang kini tersisah 4 orang dari PPP dan Gerindra.

Sedankan Fraksi PAN bertambah menjadi 5 orang yang tadinya hanya berjumlah 3 orang. Tentunya, ini juga nantinya akan mempengaruhi komposisi jumlah pada Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lainnya, namun terkait dengan hal tersebut tentunya masih menunggu agenda kelembagaan untuk membahasnya. (abk)

Comment