Magang Bangkit, Peserta Rainas XII dari Gorontalo Tambah Banyak Pengalaman

gorontalopost.id- Salah satu kegiatan yang paling menarik bagi peserta Raimuna Nasional (Rainas) XII tahun 2023, adalah kegiatan magang bangkit. Giat ini mendatangi langsung instansi pemerintah atau perusahaan BUMN untuk belajar sistem kerja yang ada. Misalnya, yang diikuti peserta asal Kwarcab Kota Gorontalo, Rahmat Abdullah.

Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) ini mengikuti program magang bangkit selama dua hari di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Rahmat mengatakan ia mendapat banyak pengalaman, dan menambah wawasan tentang peran BNPB. “Bagaimana peran BNPB diatur dalam UU nomor 24, bagaimana memetakan potensi kebencanaan, ada bencana alam, ada non alam, ada juga bencana industri,”ujarnya. Termasuk ia juga berkesempatan melihat langsung peralatan penanganan bencana yang dimiliki BNPB, serta penyiapan personel penanganan bencana. “Sangat komplit. Memang waktu magang kita sangat singkat, hanya dua hari, tapi itu telah menambah banyak pengalaman,”tandas Rahmat yang juga menerima materi tentang penanganan pengungsi. 

BELAJAR Perkeretaapian langsung di stasiun pasar senen, Jakarta, menjadi pengalaman sangat baik bagi dua peseta Rainas dari kontingen daerah Gorontalo. (Foto : istimewa)

Program yang sama juga diikuti dua peserta Rainas XII asal Kwarcab Boalemo, yakni Moh. Gusnal Umar, dan Fitra Laudiu. Keduanya mengikuti program magáng bangkit pada PT Kereta Api Indonesia (KAI). Selain mendapatkan penjelasan tentang perkeretaapian di Indonesia,  Gusnal dan.Fitra bahkan berkesematan melakukan pelayanan boarding bagi penumpang yang menggunakan jasa kereta api. “Pelaksanaanya langsung di stasiun pasar senin, tentunya sangat berterima kasih bisa memiliki kesempatan akut Rainas, banyak pengalaman. Apalagi magnat bangkit di kereta api,”ujar Gusnal dan Fitra. Pengalaman yang didapat, kata dia tentu sanag berharga, mereka bisa paham tentang perkeretaapian, apalagi di wilayah Gorontalo belum ada moda transportasi kereta api. 

Ketua Kwartir Daerah Gorontalo, Hi.Sofyan Puhi menekankan agar semua peserta Rainas kontingen Gorontalo agar memanfaatkan sebaikmungkin kegiatan Rainas XII. “Ini kesempatan yang tidak datang dua kali, makanya harus dimanfaatkan dengan baik. Kegiatan Rainas semuanya memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi setiap peserta,”tandasnya. (tro)

Peserta Rainas asal Kota Gorontalo saat mengikuti giat magang bangkit di BNPB. (foto : istimewa)
Peserta Rainas XII saat magang dengan membantu proses boarding pada PT KAI, stasiun pasar Senen, Jakarta. (foto : istimewa)

 

Comment