Gebyar Undian Isimu Jaya, BRI Gorontalo Edukasi Warga Transaksi Non Tunai

gorontalopost.id – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Gorontalo, mendukung pelaksanaan gebyar undian Isimu Jaya, yang dilaksanakan Sampoerna Retail Community (SRC), Sabtu (2/9) malam. Kegiatan pengundian hadiah untuk seluruh retailer aktif SRC, yang menyedot perhatian masyarakat itu, digunakan BRI Cabang Gorontalo, untuk mengedukasi pengunjung tentang aktivitas transaksi non tunai (Cashless).

Pemimpin Cabang BRI Gorontalo, Ryan Kosasih Raharja, yang hadir dalam kegiatan itu, turun langsung memberikan literasi keuangan bersama Mass Funding Department, tentang penggunaan transaksi non tunai. Ryan Kosasih Raharja mengatakan, cashless saat ini makin masif digunakan masyarakat, kerena tidak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk bertransaksi apa saja.

Menurut dia, banyak kemudahan dan kenyamanan yang diperoleh dengan melakukan transaksi non tunai. “Dan BRI terus mendukung aktivitas transaksi keuangan non tunai. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat akan semakin paham tentang cashless, terkait kemudahan dan kenyamannya yang pada akhirnya akan menciptakan Cashless Society,”jelasnya.

Transaksi non tunai, bisa berbasis kartu dan elektronik. Cashless berbasis kartu seperti penggunaan kartu debit yang bisa pada mesin ATM atau mesin electronic data capture (EDC) berupa tarik tunai atau transfer. Serta kartu kredit yang penggunaanya mirip dengan ATM, namun dikhususkan untuk transaksi pembayaran dan belanja sesuai limit yang diberikan.

Transaksi non tunai lainya, adalah uang elekronik, yang dioperasikan dengan sistem chip based. Sepintas mirip dengan ATM tetapi harus mengisi saldonya agar uang elektronik bisa digunakan, contohnya BRIZZI dari BRI. Ada pula Electronic wallet (ewallet) yang dioperasikan dengan sistem server based.

Berbeda dengan emoney, ewallet tidak punya bentuk fisik sehingga saldonya hanya bisa diakses melalui aplikasi smartphone. Termasuk juga internet banking yang aksesnya bisa dilakukan via desktop atau smartphone. Serta saat ini yang banyak digunakan adalah Mobile Banking, seperti BRImo yang fiturnya mirip dengan internet banking tetapi hanya bisa diakses via smartphone.

Lewat BRImo transaksi apa saja bisa dilakukan, termasuk QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard, yang cukup melakukan pindai kode batang (barcode) untuk setiap transaksi. “Ada banyak sekali manfaat transaksi non tunai, salah satunya adalah mempercepat transaksi, karena tidak harus mendatangi Bank, dan tentu transaksinya aman,”jelasnya.(tro)

Comment