Pj Gubernur Ismail Pakaya Dorong Bupati/Wali Kota Terus Dukung Pramuka 

gorontalopost.id – Apel besar dalam rangka peringatan hari Pramuka ke 62 tingkat Provinsi Gorontalo, berlangsung di halaman kantor Bupati Gorontalo, Sabtu (16/9). Pj Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, selaku ketua majelis pembimbing daerah (Ka Mabida) Pramuka Gorontalo, memimpin langsung apel besar yang dihadiri ribuan Pramuka dari berbagai golongan itu.

Pelaksanaan apel besar Pramuka yang juga dihadiri Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo, dan ketua Kwarda Gorontalo Hi. Sofyan Puhi itu, dirangkaikan dengan launching coconut day 2023. Seperti diketahui, Gorontalo menjadi tuan rumah pelaksanaan Word Coconut Day, yang akan berlangsung 21-25 September 2023. “Anak-anak Pramuka kita akan menanam kelapa, yakni satu pramuka satu kelapa. Masa kita kalah sama anak-anak Pramuka ini. Jadi, ayo kita tanam kelapa di Provinsi Gorontalo,” ajak Ismail Pakaya. Ia menyebut, kelapa yang menjadi logo organisasi Pramuka itu banyak sekali manfaatnya, dari akar, pohon, buah, hingga daun kelapa semuanya memiliki manfaat berguna.

Menurut Ismail, pohon kelapa yang saat ini ada di Provinsi Gorontalo sudah semakin tua dan tidak produktif. Untuk itu perlu adanya penanaman agar mata pencaharian dan produk unggulan Gorontalo ini bisa terus terpelihara. “Mari kita dukung pelaksanaan hari kelapa sedunia. Jangan sampai kita membuat hal-hal yang membawa image kurang baik kepada negara-negara yang akan datang ke Gorontalo. Kita tunjukkan bahwa kita Gorontalo siap menjadi tuan rumah,” tegas Ismail.

Sementara itu, saat apel besar Pramuka, Pj Gubernur Ismail mengungkapkan jumlah sumber daya manusia yang ada di gerakan pramuka, khususnya para pembina pramuka dan pelatih pembina pramuka masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina pramuka harus terus dapat ditingkatkan. “Berdasarkan laporan ketua kwartir daerah gerakan Pramuka Gorontalo, melalui Kwarda juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas gugus depan pramuka dimanapun berada. Untuk itu saya berharap kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas gugus depan yang berada di wilayah masing-masing,” ungkap Ismail.

Bersamaan dengan peringatan hari pramuka ke 62 tahun ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Raimuna Nasional Tahun 2023 yang telah diikuti oleh kontingen daerah Gerakan Pramuka Gorontalo sebanyak kurang lebih 200 anggota pramuka penegak dan pandega. Kegiatan yang telah dilaksanakan di Buperta Cibubur Jakarta pada 14-21 Agustus 2023 itu telah banyak memberikan prestasi yang luar biasa dan pengalaman bagi anggota pramuka penegak dan pandega Gorontalo.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo, bupati dan walikota se-Provinsi Gorontalo, para ketua kwarcab, pimpinan OPD baik provinsi maupun kabupaten/kota, para pelatih pramuka, dan semua pihak yang telah ikut membantu mengembangkan gerakan pramuka. Saya berharap agar dapat terus memberikan bimbingan serta bantuan moril dan materil, untuk memajukan gerakan pramuka,” ungkap Ismail.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pula penyerahan Satyalancana pramuka kepada 20 pengurus, pembina, pelatih se-Provinsi Gorontalo secara simbolis oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah. Dilaksanakan pula launching program Ka Sapa atau program penguatan bela negara terhadap generasi muda. (tro/*)

Comment