Kerusuhan Tali Asih Penambang Pohuwato, 5 Warga Ditetapkan Tersangka

gorontalopost.id – Polisi bergerak cepat menangani aksi warga penambang di Kabupaten Pohuwato, yang berujung rusuh dan perusakan fasilitas perusahaan tambang Pani Gold Project, dan pembakaran kantor Bupati Pohuwato, Kamis (21/9). Setelah melakukan penangkapan terhadap sejumlah massa aksi usai demonstrasi anarkis itu, Polda Gorontalo menetapkan lima orang tersangka. Mereka kini diperiksa intensif fi Mapolda Gorontalo.

Ditetapkanya kelima orang tersangka tersebut sebagaimana disampaikan Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Desmont Harjendro saat ditemui di Polres Pohuwato, Sabtu (23/9/2023).

“Hari ini sudah kita tetapkan tersangka, kemudian untuk pemeriksaan dilakukan di Polda Gorontalo. Untuk yang ditetapkan ada 5 orang dan kemungkinan akan bertambah karena masih sementara dilakukan pemeriksaan, dimintai keterangan pada yang diamankan kemarin di Polres. Ini terus kita gali,” ungkap Kombes Pol Desmont.

Untuk saat ini kelima tersangka tersebut kata Kabid Humas Polda Gorontalo, diduga kuat terlibat dalam pengerusakan di kantor perusahaan, kantor Bupati, DPRD dan penyerangan terhadap anggota Polisi.

“Yang jelas dari 5 orang tersebut masuk, nanti kita dalami lagi perannya seperti apa. Setelah pemeriksaan kita sampaikan nanti,” bebernya, tanpa menyebut siapa saja lima orang tersangka itu.

Begitu pun dengan pasal yang akan disangkakan, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut di Mapolda Gorontalo.”Terkait mereka penambang atau tidaknya akan kita cek kembali karena tidak ada di indentitas untuk pekerjaan penambang, jadi kita akan pastikan kembali apakah mereka masyarakat penambang atau diluar ini,” urainya.

Selain menetapkan 5 orang tersangka, Polda Gorontalo juga telah memulangkan beberapa warga yang sempat ditahan saat insiden kerusuhan terjadi. Sebelumnya aksi unjuk rasa dari forum persatuan ahli waris penambang Pohuwato yang berlangsung Kamis (21/9) berakhir ricu, sejumlah fasilitas perusahaan pani gold projek dirusak, seperti gedung dan mobil. Kantor Bupati Pohuwato dibakar, termasuk rumah dinas bupati dan Kantor DPRD Pohuwato turut dirusak.

Massa aksi mengaku kecewa dengan proses ganti rugi atau tindaklanjut proposal tali asih antara warga penambang dan perusahaan yang tak sesuai dengan harapan mereka. Pani Gold Project yang dijalankan PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS) bersama PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) itu awalnya merupakan kawasan pertambangan tanpa izin (PETI) yang dikelola warga penambang secara tradisional. Mereka kemudian harus angkat kaki dari lokasi itu, lantaran kawasan tersebut sudah masuk areal pertambangan yang dikelola PETS.

Pada Juni 2023 lalu, Kapolda Gorontalo Irjen Pol.Angesta Romano Yoyol, telah menandatangani kerjasama dengan Dirut PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM), terkait penjagaan keamanan dalam kegiatan pani gold project yang berlokasi di Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato itu. (ryn)

Comment