SPBU Kompak BBM Satu Harga Kini Hadir di Bubaa

Arba Grup Gorontalo Tingkatkan Layanan Masyarakat

Gorontalopost.id, GORONTALO – Sebagai upaya untuk memberikan kemudahan akses masyarakat pelosok dalam mendapatkan energi yang berkualitas.

Arba Grup bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) dan BPH Migas serta Pemda Kabupaten Boalemo meresmikan SPBU Kompak BBM satu harga di Desa Bubaa Kecamatan Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo, Senin (27/11/23).

Pantauan Gorontalo Post, peresmian SPBU Kompak BBM satu harga di Desa Bubaa ini juga sekaligus dengan
penyaluran perdana Bahan Bakar Minyak (BBM) solar maupun Pertalite.

Masyarakat setempat tampak antusias dengan kehadiran SPBU Kompak BBM satu harga ini yang dapat memudahkan warga mendapatkan BBM tanpa harus bersusah payah pergi ke SPBU yang jaraknya berpuluh-puluh kilometer.

Fahrougi Andriani Sumampouw Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi kepada media ini mengatakan, dengan adanya peresmian SPBU Kompak BBM satu harga.

Maka jumlah total SPBU di seluruh wilayah Sulawesi mencapai 49 SPBU 3 T (Terdepan, Terjauh dan Terluar). “Ya, terakhir pada November ini di Gorontalo terbaru, SPBU Kompak di Gorontalo sudah ada lima sejak tahun 2017,”jelas Fahrougi.

Adapun Program nasional BBM satu harga di seluruh Indonesia termasuk di Bubaa yang terbaru ini, guna menjami ketersedian BBM bagi masyarakat di wilayah 3T serta menjamin keadilan dalam pemenuhan energi bagi warga Kampung.

Lebih lanjut dijelaskan Fahrougi, bahwa pendirian SPBU Kompak BM satu harga ini telah diatur berdasarkan UU nomor 22 tahun 2021 tentang minyak dan gas bumi.

Dimana, BPH Migas punya tugas untuk melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap pelaksanaan
penyediaan dan pendistribusian BBM dan angkutan gas bumi untuk wilayah Indonesia.

Hal ini juga diatur dalam Peraturan Menteri KESDM nomor 36 tahun tahun 2016 tentang percepatan pemberlakukan satu harga untuk jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan secara nasional.

Lanjut katanya, pogram BBM satu harga merupakan bukti nyata bahwasannya pemerintah memberikan perhatian kepada masyarakatnya di seluruh Indonesia.

Sementara target pembangunan BBM satu harga sampai dengan akhir tahun 2024 sebanyak 583 penyaluran BBM 1 harga.

Kabupaten Boalemo baru memperoleh satu lokasi Penyalur BBM 1 harga di Desa Bubaa, Kecamatan Paguyaman Pantai karena wilayah itu sudah masuk lokasi 3T.

Mengingat lokasi geografis dan ongkos angkut yang tinggi, sehingga perlu pastikan bersama bahwasannya ini adalah tepat sasaran peruntukannya.

Harapannya, dengan pembangunan SPBU Kompak 1 harga di Desa Bubaa, Kecamatan Paguyaman Pantai dapat memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat dan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bolemo.

Dengan adanya peresmian SPBU Kompak BBM satu harga di Desa Bubaa ini diakui Fahrougi akan sangat membantu perekonomian masyarakat apalagi dengan harga pertalite dan solar yang sama dengan harga dengan SPBU di wilayah perkotaan.

“Tak lupa kami mengucapkan terima kasih dan epresiasi kepada pihak stakeholder yang sudah bersedia dan bekerjasama dalam hal penyediaan tempat serta fasilitas sarana prasarana SPBU Kompak Satu harga di Desa Bubaa.

Besar harapannya agar keberadaan SPBU Kompak BBM satu harga bisa bermanfaat dalam memacu peningkatan ekonomi masyaraka.

Selain itu bidang pendidikan juga mengalami kemajuan seiring mudahnya mendapatkan BBM untuk transportasi pelajar dan guru. ,”tandas Fahrougi.

Sementara itu Fauzan Fauzie Bajammal, SE selaku Pimpinan Arba Grup Gorontalo sekaligus Pemilik SPBU Satu Harga Kompak mengatakan, pembangunan SPBU sendiri berjalan cukup lama hampir setahun.

Meski perjalannya cukup panjang, namun pihaknya tetap berusaha untuk kepentingan hajat hidup orang banyak.

“Karena ini program BBM 1 harga untuk wilayah 3T, kuotanya menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada, baik itu Pertalite maupun solar.

Harga jual ke masyarakat juga sama atau satu harga dengan harga di SPBU yang ada di perkotaan,” imbuhnya.

Fauzan mengakui, bahwa masyarakat setempat sangat kesulitan untuk mendapatkan BBM guna melancarkan mobilisasi kesehariannya.

Besar harapannya kehadiran SPBU Kompak 3T di Desa Bubaa akan semakin memudahkan masyarakat di wilayah itu.

“Perlu saya tegaskan bahwa keberadaan SPBU Kompak satu harga di Bubaa ini murni program dari Arba Grup Gorontalo bekerjasama dengan Pertamina dan BPH Migas untuk memudahkan masyarakat di wilayah 3T dalam mendapatkan BBM satu harga.

Alhamdulillah Arba Grup Gorontalo untuk SPBU kompak itu di wilayah Sulut Go sudah dua lokasi dan di seluruh wilayah sulawesi sudah empat lokasi yang sudah dibangun SPBU BBM satu harga,”tandas pengusaha muda Gorontalo ini.

Terpisah Irpan Lanangawa salah satu warga Desa Bubaa mengapresiasi program Arba grup yang sudah menyediakan SPBU Kompak satu harga dalam membantu kesulitan masyarakat untuk mendapatkan BBM bersubsidi.

“Kami sangat mendukung penuh serta menjaga dengan baik kehadiran SPBU Kompak ini.

Sebab dengan adanya SPBU ini kami warga pelosok khususnya nelayan sangat terbantu dalam operasional sehari-hari,”tutup Irvan. (roy)

Comment