Hebat! Kwarda Gorontalo Raih Tunggul Tergiat Kwartir Nasional

gorontalopost.id – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Gorontalo menunjukan prestasi membanggakan di tingkat nasional. Kwarda Gorontalo ditetapkan sebagai salah satu Kwarda tergiat nasional periode 2018-2023, hal ini ditandai dengan diterimanya Tunggul Tergiat Pramuka, yang diserahkan langsung Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, kepada Ketua Kwarda Gorontalo, Hi.Sofyan Puhi, pada acara pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) ke XI, berlangsung di Kota Banda Aceh, Sabtu (2/12).

Para pimpinan Kwarda Gorontalo saat menghadiri Munas XI Pramuka di Aceh, Sabtu (2/12).

Tunggul Tergiat Kwarnas Pramuka yang diterima Kwarda Gorontalo merupakan tunggul tergiat regional III wilayah sulawesi dan kalimantan. Tunggul Kwarda Gerakan Pramuka Tergiat merupakan penghargaan yang diberikan kepada kwartir daerah sebagai bentuk apresiasi atas pelaksanaan program kegiatan dan prestasi kerja yang telah diraih oleh Kwarda. Penghargaan ini diberikan setelah Kwartir Nasional melakukan monitoring terhadap kinerja seluruh Kwarda se Indonesia.

Ketua Kwarda Pramuka Gorontalo, Hi.Sofyan Puhi mengatakan, penghargaan Tunggul Tergiat merupakan bukti kinerja Kwarda Gorontalo dalam melaksanakan fungsi Gerakan Pramuka di daerah. Menurut dia, prestasi ini tak lepas dari kinerja pengurus Kwarda sebelumnya, yang dipimpin Ketua Kwarda Idah Syahidah Rusli Habibie. “Kak Idah meninggalkan Kwarda dengan kinerja yang begitu baik, karena penilaian Tunggul Tergiat ini juga dilakukan dari program-program Kwarda sebelumnya,”ujar Sofyan Puhi. Termasuk kata dia, peran serta seluruh jajaran Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, hingga Gugus Depan, dan Satuan Kerja (Saka) yang begitu aktif menggerakkan kegiatan Pramuka. 

Ketua Kwarda Gorontalo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh anggota pramuka di Gorontalo yang telah berkontribusi dalam meraih prestasi ini. Ia juga menyatakan komitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan Gerakan Pramuka di Gorontalo demi mencetak generasi yang berkarakter dan berprestasi.

Seperti diketahui Kwarda Gorontalo dibawa kendali Sofyan Puhi dalam enam bulan terakhir juga banyak melahirkan program kegiatan, selain program rutin pramuka. Yang paling menonjol dalam program Pramuka tahun ini adalah keterlibatan langsung Pramuka Gorontalo dalam fenomena yang muncul di masyarakat, seperti antisipasi meningkatnya kasus bunuh diri melalui program Teman Sebaya, selain melakukan workshop kepada stakeholder terkait fenomena yang menyedot perhatian masyarakat itu. Pramuka hadir dengan menampilkan aksi-aksi positif, inovasi dan kreatif yang bisa dilakukan setiap remaja sehingga terhindar dari aksi merugikan diri sendiri. Kwarda juga turun langsung ke Gudep-gudep melalui program Gerakan Aksi Sayang Diri Kaum Muda (Naksir Kamu) dengan memberikan edukasi langsung kepada siswa.

Selain itu Kwarda juga memprogramkan Ka Sapa yakni Kantin Sehat Aman ala Pramuka. Program ini dikerjasamakan dengan BPOM Gorontalo dan Saka POM, dengan turun langsung ke sekolah-sekolah memastikan makanan atar jajanan siswa disetiap kantin sekolah aman, dan layak dikonsumsi. Ka Sapa juga punya makna, Saya Pramuka Saya Pewarta. Program ini menjadikan semua Pramuka sebagai pewarta yang mengabarkan kegiatan-kegiatan positif Pramuka melalui berbagai plaform media sosial. Termasuk melibatkan Jurnalis di Gorontalo untuk terus memberitakan kegiatan-kegiatan Pramuka.

Ketua Harian Kwarda, Susanto Liputo, didampingi Sekretaris Kwarda Gorontalo Abdul Rahim Labantu mengatakan, Tunggul Tergiat Pramuka yang diterima Kwarda Gorontalo merupakan cambuk untuk terus berprestasi dan lebih menggiatkan Gerakan Pramuka dimasa mendatang. “Kak Kwarda dan seluruh jajaran Kwarda akan terus melahirkan program-program inovatif agar Gerakan Pramuka terus menjalankan fungsinya,”tutup Susanto. (tro)

Comment