Gorontalo Post Kembali Juara Anugerah Jurnalistik Pertamina

Gorontalopost.id, YOGYAKARTA – Surat Kabar Harian Gorontalo Post, kembali meraih penghargaan PT. Pertamina (Persero) pada ajang Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) tahun 2023.

Penghargaan itu diterima jurnalis Gorontalo Post, Jitro Paputungan, pada malam puncak AJP 2023 yang merupakan rangkaian HUT ke 66 Pertamina, di Hotel Tentrem Yogyakarta, Jumat (15/12) malam.

Malam Anugerah Jurnalistik Pertamina itu turut dihadiri langsung oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

Gorontalo Post pada AJP 2023 meraih penghargaan sebagai juara satu teritori sulawesi kategori media cetak.

Ada enam kategori pada gelaran AJP, yakni kategori media cetak, kategori media televisi, kategori media radio, kategori media online, kategori foto, dan ketegori publikasi CSR/UMKM.

Penghargaan AJP merupakan kali kedua diterima Gorontalo Post, pada tahun 2022 yang lalu, surat kabar yang terus menjadi referensi informasi masyarakat Gorontalo ini juga menerima penghargaan serupa, yakni juara satu nasional untuk kategori media cetak.

Karya jurnalistik yang mendasari Pertamina memberikan penghargaan kepada Gorontalo Post, merupakan karya jurnalistik yang ditulis wartawan Jitro Paputungan.

Karya berjudul ‘Pertashop, Desa Tumbuh Langit Makin Biru’ itu, mengangkat tentang peran pertashop dalam mendistribusikan BBM ramah lingkungan hingga ke desa.

Pertashop tersebut dikeloleh oleh BUMDes Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo.

Dalam aktivitasnya, Pertashop ini tidak saja mendistribusikan BBM jenis pertamax yang makin diminati masyarakat, juga berdampak pertumbuhan bisnis BUMDes yang muaranya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya S. Poerwadi mengatakan terjadi peningkatan karya yang dikirimkan oleh peserta AJP dari tahun ke tahun.

Dari tahun ke tahun, 2021 sebanyak 2.364 karya, tahun 2022 sebanyak 2.423 karya dan tahun 2023 ini mencapai 2.559 karya.

Penyelenggaraan AJP 2023 yang mengusung tema Energizing The Nation ini melibatkan seluruh media nasional dan lokal.

Karya jurnalistik yang dapat diikutsertakan adalah karya yang mengandung informasi yang bermanfaat bagi publik, proporsional, mengedukasi publik, berdasarkan pada keakuratan data dan fakta serta memenuhi unsur jurnalistik.

“Anugerah ini kita nilai dari 10 teritori ada 6 kategori dari total 2.559 karya, ini merupakan suatu peningkatan.

Kami sampaikan penghargaan yang luar biasa atas kerja sama yang baik antara Pertamina dan media nasional di mana kami senantiasa menerima masukan para jurnalis dan jurnalis dari media yang menyiarkan berita terkait Pertamina,” ujarnya.

Ketua Dewan Pers sekaligus Ketua Juri AJP 2023 Ninik Rahayu mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada Pertamina karena telah memberikan penghargaan terhadap karya insan pers dalam gelaran AJP setiap tahunnya.

Ini sebagai ajang kolaborasi dan sinergi terhadap keterbukaan informasi mengenai energi di Indonesia.

“Ini ajang kolaborasi sebagai sinergi antara Pertamina dan pers tentang keterbukaan terhadap informasi mengenai energi di Indonesia. Pertamina bukan hanya merangkul jurnalis tingkat nasional tapi juga jurnalis di tingkat lokal.

Sehingga jarak bukan menjadi penghalang untuk terus memberikan karya jurnalistik bagi masyarakat,” ujar Ninik.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan Pertamina baru saja melalui ulang tahun ke 66.

Ini merupakan suatu perjalanan yang panjang dan media menjadi salah satu stakeholder penting untuk perusahaan energi ini.

“66 tahun ini banyak cerita, banyak informasi positif yang di share oleh media.

Terima kasih kepada media yang sudah membantu menceritakan kisah Pertamina selama 66 tahun dari hulu ke hilir.

Salah satu kado, Pertamina mendapat rangking nomor 1 dunia Ranking ESG sub-kategori integrated oil and gas.

Ini merupakan pencapaian luar biasa dan ini tidak terlepas dari media yang memberitakan kepada masyarakat agar kita sampai di titik ini.

Selamat kepada seluruh jurnalis yang menang dan bagi yang belum tetap semangat, kita terus memberikan informasi terbaik kepada masyarakat,” tambahnya.(tro)

Comment