Batok Kelapa Kering Diincar Pelaku Usaha

Dihargai Mulai Rp1.000 per Kg

Gorontalopost.id, GORONTAlO –┬áBatok kelapa kering atau biasa disebut tempurung saat ini mulai banyak diminati oleh warga untuk dijadikan pendapatan.

Tak hanya penampung kopra, sejumlah penampung batok kelapa di Gorontalo kini banyak bermunculan. Mereka membeli batok kelapa mulai Rp1.000 per kg.

Linda Mute, salah seorang warga yang membeli batok kelapa mengakui saat ini batok kelapa bisa jadi sumber pendapatan yang cukup menjanjikan.

“Kami belinya per kg, kemudian kita jadikan arang untuk dijual kembali ke beberapa pelaku usaha rumah makan dan juga pabrik pisau,” katanya.

Dalam seminggu ia mampu menyetok batok kelapa sebanyak 200 kg. “Batok kami beli Rp1.000 per kg yang kering, kalau masih setengah basah harga di bawah dari itu,” jelasnya.

Nani, petani kelapa di Kecamatan Bongomeme mengatakan saat ini ia mulai menyetok batok kelapa karena sudah memiliki harga.

“Kalau dulu batok dan sabut kelapa tidak dipakai, sekarang sudah ada yang beli,” tuturnya. Dari hasil penjualan batok kelapa, ia memperoleh tambahan pendapatan sebesar Rp530 ribu.(dan)

Comment