Pertumbuhan Ekonomi 2023 Capai 4,52 Persen

Naik Dibanding Tahun Sebelumnya, Berkat Kinerja Pemkot

Gorontalopost.id, GORONTALO –  Kinerja Pemerintah Kota Gorontalo dalam hal meningkatkan perekonomian daerah tak sia-sia.

Buktinya, ekonomi di Kota Gorontalo pada tahun 2023 mengalami peningkatan jika dibanding dengan angka tahun sebelumnya.

Dimana, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gorontalo, ekonomi Kota Gorontalo pada tahun 2023 mencapai angka 4,52 persen, naik 0,42 persen dari tahun 2022 yang ada di angka 4,10 persen.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik, Sri Dewi Monoarfa, naiknya angka perekonomian Kota Gorontalo tak lepas dari kinerja pemerintah daerah setempat.

“Hasil pertumbuhan ekonomi sampai saat ini merupakan upaya-upaya yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo dibawah pimpinan wali kota bapak Dr. Marten Taha,” kata Sri.

Dia mengungkapkan, ada tiga sektor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Kota Gorontalo. Yaitu, sektor perdagangan, sektor konstruksi, dan sektor adminstrasi pemerintahan.

“Sektor perdagangan merupakan salah satu sektor yang menyumbang terbesar untuk perekonomian di Kota Gorontalo. Tiap tahunnya sektor perdagangan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi di kota gorontalo.” ujar Sri.

Dia juga mengatakan, pertumbuhan ekonomi Kota Gorontalo beberapa tahun terakhir selalu tumbuh positif, kecuali pada tahun 2020.

Kala itu, ucap Sri, ekonomi Kota Gorontalo sempat terkontraksi negatif -0,02 persen, karena adanya corona virus disease 2019 (Covid-19).

Tapi setelah itu, lanjut Sri, pertumbuhan ekonomi tumbuh positif dan bahkan pada beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi tumbuh di atas angka provinsi.

“Seperti tahun kemarin, pertumbuhan ekonomi Kota Gorontalo mencapai 4,52 persen sedangkan provinsi gorontalo di bawah sedikit 4,50 persen,” kunci Sri.(rwf)

Comment