Proses Rasionalisasi Anggaran Harus Dikomunikasikan

Harap Distribusi Anggaran dan Program Berjalan Lancar

Gorontalopost.id, KWANDANG –┬áTerkait dengan rasionalisasi anggaran yang akan dilakukan oleh pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Gorontalo Utara (Gorut) melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), diharapkan untuk dapat dikomunikasikan dengan Badam Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua 2, DPRD Gorut, Hamzah Sidik saat dimintai keterangannya terkait dengan anggaran daerah walaupun memang saat ini masih dalam tahap ancar-ancar.

“Tentunya untuk rasionalisasi anggaran, tetap diharapkan untuk berkomunikasi dengan DPRD” tegas Hamzah.

Komunikasi terkait dengan rasionalisasi anggaran tersebut bukan nanti pada saat setelah dilakukan rasionalisasi, namun dalam proses rasionalisasi juga dapat dikomunikasikan dengan pihak DPRD.

“Komukikasi dan koordinasi dalam proses rasionalisasi anggaran perlu untuk dilakukan untuk menjaga agar tidak ada polemik lagi dikemudian hari” kaya aleg Golkar tersebut.

Dalam artian kata Hamzah, jangan sampai ada hal-hal yang sekiranya sudah diketahui oleh masyarakat yang sudah dijanjikan kepada masyarakat khususnya soal infrastruktur itu kemudian tidak jadi, “Kan masyarakat bisa saja kecewa” ujarnya.

Oleh karena itu, cara untuk melakukan proses rasionalisasi ini adalah cara yang paling efektif. Karena jangan sampai kita belum melakukan proses rasionalisasi, kegiatan sudah berjalan.

“Nah, kalau kegiatan sudah berjalan, ini bisa saja nanti gagal bayar, karena anggarannya tidak tersedia,” jelasnya.

Tentunya kata Hamzah, pihak DPRD berharap agar ditahun Anggaran 2024 ini berjalan dengan lancar dan tidak terjadi seperti tahun anggaran kemarin.

“Kita minta agar distribusi anggaran ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lancar agar dapat menunjang pelaksanaan program maksimal” tandasnya. (abk)

Comment