Festival Obor Menyambut Nuzulul Quran

Gorontalopost.id, GORONTALO – Beragam cara dilakukan umat muslim dalam menyambut malam Nuzulul Quran setiap 17 Ramadan. Seperti yang dilakukan generasi muda Kelurahan Molosifat W, Kecamatan Kota Barat.

Mereka menyemarakkannya dengan menggelar festival obor dan karnaval budaya, yang berlangsung, Selasa (26/3). Kegiatan ini banyak menuai apresiasi.

Kepala Dinas Pariwisata, Kota Gorontalo, Aryanto Husain, mengatakan, Pemerintah Kota Gorontalo salut dengan kegiatan yang digagar para generasi muda itu.

Menurutnya, festival obor dan karnaval budaya dalam menyambut Nuzulul Quran itu menjadi salah satu daya tarik wisata yang ada di bulan suci ramadan, selain malam tumbilotohe yang memang telah menjadi tradisi.

“Festival obor dan carnaval budaya pada malam ini tentu ini bisa memperkaya hasana budaya kota gorontalo dan bisa di tingkatkan menjadi potensi event pariwisata,” kata Aryanto Husain.

Festival obor ini sudah menjadi agenda tahunan oleh karang taruna molotolo dan pemuda Molosipat W, serta seluruh masyarakat Kelurahan Molosipat W.

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memahami makna dari Nuzulul Quran atau peristiwa turunya Alquran, dan amalan di bulan ramadan.

Kegiatan festival pawai obor dan karnaval budaya ini juga dimeriahkan oleh tarian langa, bongo yang di atraksikan oleh putra putri terbaik di Kelurahan Molosipat W.

Tak hanya itu, pada kegiatan ini panitia juga menyediakan 5000 cup kolak bagi para warga yang menyaksikan festival tersebut.

Aryanto Husain, berharap kegiatan seperti ini bisa dikemas lebih baik lagi, dalam artian bisa lebih banyak interaksi antara pengunjung dengan peserta festival, bisa memberikan manfaat secara ekonomi kepada masyarakat sekitar.

Aryanto juga berharap event lokal seperti ini bisa menyesuaikan trend pariwisata global. (Mg-10)

Comment