Pemda dan TNI/Polri Bahas Operasi Ketupat

Lakukan Koordinasi Atasi Kemacetan

Gorontalopost.id, LIMBOTO — Jelang lebaran Idul Fitri 1 syawal 1445 H dan antisipasi dengan perayaan ketupat pasca lebaran, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gorontalo bersama TNI/Polri menggelar rapat bersama terkait koordinasi lintas sektoral menghadapi operasi terpusat ketupat Otanaha 2024.

Rapat tersebut sebagai langkah kesiapan menyambut perayaan Ketupat pasca lebaran Idul Fitri 1445 H.

Rapat koordinasi berlangsung di ruang Titimenga, dipimpin oleh Waka Polres Gorontalo, Kompol Ryan D. Hutagalung, SH, SIK, MH, dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Dr. Roni Sampir, Selasa (02/04).

Pada kesempatan itu, Sekda Roni Sampir menyatakan, Pemkab Gorontalo akan bersinergi dengan TNI-POLRI dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Otanaha 2024 di Kabupaten Gorontalo.

“Pemkab Gorontalo memberi apresiasi atas rapat koordinasi yang diinisiasi oleh Polres Gorontalo, sebagai langkah pencegahan atau antisipasi terhadap potensi masalah yang mungkin terjadi menjelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri,” ujar Sekda Roni.

Dalam rapat tersebut, Polres Gorontalo telah mengidentifikasi titik-titik rawan penyebab kemacetan. Polres juga memaparkan strategi penertiban parkir kendaraan roda empat dan roda dua.

Menyikapi hal tersebut, jajaran Polres Gorontalo akan di dukung penuh TNI dan Pemerintah Daerah untuk mengatur rekayasa lalu lintas dan akan menempatkan personel demi mencegah dan mengantisipasi gangguan keamanan.

“Pemkab Gorontalo akan berkolaborasi dengan instansi terkait untuk mengatasi kemacetan lalu lintas sehingga kelancaran arus kendaraan terjamin,” ungkap Roni Sampir usai rapat.

Upaya preventif juga dilakukan untuk pengamanan Operasi Ketupat Otanaha. Akan ditempatkan mobil pemadam kebakaran dan ambulans di setiap pos pengamanan serta dibuka pelayanan puskesmas selama 24 jam.

Sebelumnya, Waka Polres Ryan D. Hutagalung menegaskan, rapat itu digelar untuk memastikan kesiapan seluruh stakeholder yang terlibat dalam Operasi Ketupat 2024.

Pihak Polres Gorontalo melibatkan sebanyak 400 personel gabungan dari berbagai instansi seperti TNI, Dishub, Dikes, Damkar, Satpol PP, BPBD, PLN, Saka Bhayangkara, dan PKS.

Operasi Ketupat Otanaha 2024 akan berlangsung selama 13 hari, dimulai dari tanggal 04 hingga 16 April 2024, di mana diharapkan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Mari kita saling berkoordinasi dan menjaga kekompakan untuk menyukseskan pelaksanaan operasi ini,” tutur Waka Polres Kompol Ryan D. Hutagalung. (Wie)

Comment