Bazar Ramadan Bank Indonesia, Jumlah Kunjungan Meningkat, Omzet Tembus Rp 3,3 Miliar 

gorontalopost.id – Bazar Ramadan yang diselenggarakan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, di gallery Bank Indonesia, Jln. Nani Wartabone, Kota Gorontalo, sejak 16 Maret itu berhasil mencatatkan peningkatan omzet penjualan yang luar biasa, jika dibandingkan dengan penyelenggaraan kegiatan yang sama di tahun 2023. Bazar ramadan yang melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Bank Indonesia itu, mampu meningkatkan omzet penjualan sebesar 337 persen, dengan total penjualan sejak awal dilaksanaakanya bazar sebesar Rp 3,3 Miliar, meningkat dari sebelumnya yang hanya sebesar Rp774 di tahun 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha, yang hadir secara virtual pada penutupan bazar Ramadan 2024, Kamis (4/4) , mengatakan, bazar ramadan 2024 merupakan salah satu upaya untuk menstimulus pengembangan UMKM di Provinsi Gorontalo dan sebagai media promosi, pendorong omzet, dan diharapkan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo. “Alhamdulillah, di tahun 2024telah terjadi kenaikan omzet penjualan sebesar 337 persen,”jelasnya. Peningkatan omzet tersebut disebabkan karena bertambahnya jumlah UMKM yang mengikuti Bazar dari 100 UMKM di tahun 2023, menjadi 150 UMKM di tahun 2024 yang bergerak di bidang olahan pangan, kerajinan, fashion, hingga aneka takjil.

Selain peningkatan omzet, jumlah pengunjung bazar Ramadan 2024, kata dia juga mengalami peningkatan signifikan, yakni sebanyak 3.778 orang atau meningkat 22 persen, dibandingkan dengan pengunjung pada tahun 2023 sejumlah 3.103 pengunjung. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders baik Pemerintah Provinsi Gorontalo, Dekranasda Provinsi Gorontalo, Diskumperindag Provinsi Gorontalo, KDEKS Provinsi Gorontalo dan seluruh UMKMserta GenBI yang telahmenyemarakkan dan mensukseskan kegiatan Bazar Ramadan tahun 2024. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gorontalo yang hadir pada Bazar Ramadan 2024 sejak pertama dibuka sampai penutupan kegiatan,”ujarnya.

Kata dia, hasil yang sangat luar biasa ini merupakan pencapaian atas kerja keras dan sinergi serta kolaborasi aktif dari semua pihak,yang berpartisipasi aktif pada penyelenggaraan Bazar Ramadan tahun 2024 ini. Secara resmi bazar ramadan ditutup Pj Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya yang diwakili Kepala Dinas Diskumperindag Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge. Turut hadir Plh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Ciptoning Suryo Condro, dan Sekretaris Dekranasda Provinsi Gorontalo. (tro)

Comment