Perayaan Lebaran Ketupat, Sejumlah Ruas Jalan Dibikin Satu Arah

Gorontalopost.id, GORONTALO – Untuk mencegah terjadinya kemacetan arus lalu lintas saat perayaan ketupat di Kota Gorontalo, Satuan Lalu Lintas Polresta Gorontalo Kota membuat rencana pengamanan (Renpam) sekaligus rekayasa jalan.

Kasat Lantas Polresta Gorontalo Kota, AKP Supomo,S.H mengatakan, ada dua lokasi untuk pelaksanaan perayaan ketupat di Kota Gorontalo. Diantaranya, di wilayah Kecamatan Kota Utara dan di Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Dumbo Raya.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, pihaknya telah melakukan rekayasa jalan. Dimana ada sejumlah jalan yang dibuat satu arah.

“Untuk Jalan Rusli Datau, nantinya akan dibuat satu arah menuju ke simpang tiga Jalan Membramo. Kemudian, dari Jalan Membramo, satu jalur menuju ke simpang empat Jalan Yusuf Hasiru. Setelah itu, dari Jalan Yusuf Hasiru, dibuat satu jalur menuju simpang empat tugu perbatasan Kota Gorontalo dan Bone Bolango,” jelasnya.

Tak hanya itu, kata mantan Kasat Lantas Gorontalo Utara ini, sedangkan untuk wilayah Kelurahan Leato, pihaknya pula turut menerapkan satu arah, tepatnya di Desa Olalo. Jadi, kendaraan yang bergerak dari arah Kota Gorontalo, akan melintasi SMP Negeri 9, sementara dari arah Bone Bolango, nantinya akan melewati jalur atau jalan utama.

“Nanti akan ada personel dari Satuan Lalu Lintas Polresta Gorontalo Kota serta anggota gabungan lainnya, yang akan membantu melakukan pengaturan arus lalu lintas. Apabila dalam pelaksanaannnya nanti terjadi kemacetan, maka kemungkinan akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas, baik itu di lokasi maupun di wilayah lainnya,” ungkapnya.

Ditambahkan pula, bagi masyarakat yang hendak berangkat menuju bandara, diharapkan agar dapat melakukan perjalanan lebih awal, guna menghindari terjadinya kemacetan. Silahkan melintasi wilayah Kecamatan Kota Barat, atau bisa pula melalui GORR.

“Kami pun berharap agar seluruh elemen masyarakat, khususnya pengguna jalan, agar kiranya dapat taat serta patuh terhadap aturan lalu lintas,” terangnya.

Sementara itu, Kapolresta Gorontalo Kota, Kombes Pol. Dr. Ade Permana,S.I.K,M.H menyampaikan, agar dalam pelaksanaan perayaan ketupat nanti, masyarakat bisa bersama-sama menjaga Kamtibmas. Bagi yang membawa kendaraan, kiranya tidak memarkir sembarangan, karena hal tersebut dapat memicu terjadinya kemacetan serta mengganggu arus lalu lintas.

“Tingginya aktifitas masyarakat pada saat perayaan ketupat, tentunya akan mengakibatkan kepadatan atau kemacetan arus lalu lintas. Oleh karena itu, kami berharap agar masyarakat bisa ikut membantu kami, khususnya dengan mematuhi aturan lalu lintas,” harap Alumnus Akpol 2000 ini. (kif)

Comment