Kemarin Main Bola, Hari Ini Resmikan Bandara

Gorontalopost.id, GORONTALO – Presiden Joko Widodo melakukan lawatan selama dua hari di Gorontalo. Agenda pertama saat tiba di bumi Serambi Madinah ini, Ahad (21/4), kepala negara langsung menuju lapangan bola Liluwo, Kota Gorontalo di kompleks Markas Kompi Bantuan, Yonif 713 Gorontalo.

Di lapangan yang menjadi ‘markas’ anak-anak sekolah sepakbola Gorontalo United itu, Presiden Jokowi langsung menyempatkan waktu untuk bermain bola bersama kesebelasan U12.

Ia bergabung dengan tim Primavera, bersama Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Sementara itu lawan mereka adalah tim U12 Bareti, yang diperkuat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman tampil gemilang dengan mencetak dua gol. Hasil pertandingan, tim Presiden Jokowi unggul tipis, 5:4.

Dua gol yang dicetak Mentan tersebut berasal dari operan sayap kiri para pemain U12 yang ditendang secara bebas dari garis tengah sebelum gawang utama.

Saat mencetak gol, Amran langsung bersorak dan mengekspresikannya bersama para pemain lain bersama Presiden.

Presiden memuji penampilan anak-anak sekolah sepak bola yang tampil memukau. Ia melihat bibit-bibit unggul pesepakbola handal akan lahi dari Gorontalo.

“Banyak bibit, Gorontalo United,”ujar Presiden yang mengenakan jersey hijau kemarin. Kata dia, bermain sepabola di Gorontalo ternyata punya tantangan tersendiri, yakni cuaca yang begitu menguras keringat. “Main 30 menit, tapi seperti main 90 menit,”katanya.

Dalam kesempatan itu, Presiden turut mendoakan timnas Indonesia bisa menang melawan Jordania pada laga Piala Asia AFC U-23, yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Ahad (21/4).

“Kita doakan bersama-sama agar timnas kita U23 betul-betul bisa menguasai lapangan, bisa membuat gol sebanyak-banyaknya, tidak ada kartu merah,”ungkap Presiden Jokowi yang diamini, anak-anak sekolah sepakbola Gorontalo United. Doa Jokowi ternyata dikabulkan, hasil pertandingan timnas Indonesia vs Jordania, dimenangkan Indonesia, dengan skor 4:1.

Usai bermain sepakbola, Presiden menuju Hotel Aston Kota Gorontalo tempatnya menginap. Tadi malam, Presiden mengunjungi Citimall Gororontalo, pusat perbelanjaan di Kota Gorontalo.

Kunjungan Presiden yang tiba-tiba di satu-satunya Mall di Gorontalo itu,langsung disambut histeris warga. Mereka tak menyangka, kepala negara tiba-tiba masuk mall. Nampak, Presiden didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, pagi ini diagendakan akan menuju Pohuwato, melalui Bandara Djalaludin Gorontalo. Presiden nantinya akan meresmikan Bandara Panua, di Kecamatan Randangan.

Bandara yang digagas pembangunnya oleh Bupati Pohuwato Zainudin Hasan pada 2006 itu sempat tersendat pembangunanya. Presiden Joko Widodo kemudian memasukkan bandara Papua kedalam Proyek Startegis Nasional (PSN).

Pembangunanya yang dipacu dalam tiga tahun terakhir membuahkan hasil, yakni Bumi Panua, kini miliki lapangan terbang representatif, yang diresmikan langsung Presiden Jokowi.

Setelah dari Pohuwato, Presiden akan ke Boalemo untuk melakukan panen jagung, selanjutnya menuju ke Kabupaten Bone Bolango untuk meninjau RS Toto Kabila, dan kemudian meninjau proyek bendung bulango ulu. (tro/mg-11)

Comment