KPU Pilih Hiu Paus Jantan Sebagai Maskot

Filosofinya, Laki-laki Sebagai Pemimpin Keluarga

Gorontalopost.id, GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo telah menetapkan Maskot Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Gorontlao, dari hewan luat yang kini menjadi daya tarik pariwisata di Gorontalo, yakni Hiu Paus.

Maskot ini diperkenalkan secara resmi oleh KPU saat peluncuran tahapan Pilkada, Rabu (1/5) malam, di lapangan taruna remaja Kota Gorontalo.

Maskot dengan spesies ikan raksasa yang jinak, ramah dengan manusia merupakan karya Awaludin Nur, yang ditetapkan KPU Provinsi Gorontalo sebagai pemenang lomba desain maskot Pilkada Gorontalo 2024.

Hiu Paus yang dipilih sebagai maskot adalah hiu paus jantan, yang dilengkapi dengan pakaian Bitu’o (keris) yang disematkan di pinggang.

KPU memilih Maskot Hiu Paus jantan, lantaran filosifinya yang dapat dimaknai bahwa laki-laki sebagai pemimpin keluarga, seyogyanya memiliki sikap yang dapat dijadikan teladan, penuh kasih sayang, dan juga sebagai pelindung dan pengayom keluarga.

“Hiu paus yang memiliki bentuk tubuh besar memiliki dua mata kecil dan 5 pasang insang. Mengambarkan sejarah kepemimpinan Gorontalo yang terbentuk dari duluwo limo lo pohalaa,”ujar Ami, pemabawa acara yang memperkenalkan Maskot Pilkada.

Maskot ini diberi ciri baju adat Gorontalo yang memakai Payunga Tilabatayila. Baju adat yang digunakan dalam berbagai kegiatan adat yang sakral, termasuk pula pada rangkaian kegiatan seremonial pemerintahan, acara nasional, maupun pada kegiatan promosi kekayaan budaya daerah.

Warna ungu baju adat maskot ini adalah warna kebangsawanan tertinggi di Gorontalo. Warna ini juga melambangkan keanggunan, kesetiaan, dan kewibawaan.

Selain itu, Warna ungu adalah ciri khas warna daerah pemerintahan Provinsi Gorontalo. Di tangan kanan maskot, membawa paku coblos.

Ini menandakan, pilkada memilih pemimpin lewat coblosan paku di surat suara. Dan di jari tangan kiri maskot, ada tanda tinta pemilu yang menandakan warga Gorontalo yang telah menunaikan hak pilihnya di TPS.

Terdapat logo KPU di saku kiri maskot. Ini menandakan bahwa, Pilkada serentak diselenggarakan KPU berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

Pada peluncuran Pilkada Gorontalo sekaligus memperkenalkan Maskot Pilkada, selain dihadiri para Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, juga dihadiri Pj Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, dan unsur forkopimda. Termasuk Wali Kota Gorontalo, Maeten Taha, dan dua Bupati-Wakil Bupati perempuan, yakni Bupati Bone Bolango Merlan Uloli, dan Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa. (tro)

Comment